EFEKTIVITAS TOILET TRAINING UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK (Penelitian pada Siswa BA ‘Aisyiyah Rambeanak 1 Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang)

Himawati, Duanita (2017) EFEKTIVITAS TOILET TRAINING UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK (Penelitian pada Siswa BA ‘Aisyiyah Rambeanak 1 Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0304.0011 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (573kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
12.0304.0011 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0304.0011 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (600kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0304.0011 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian bertujuan mengetahui efektifitas toilet training untuk meningkatkan kemandirian anak BA „Aisyiyah Rambeanak 1 Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang. Penelitian merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahap yaitu perencaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di BA „Aisyiyah Rambeanak 1 Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang. Subyek penelitian ini yaitu siswa Kelompok A BA „Aisyiyah Rambeanak 1 Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang yang berjumlah 18 anak. Variabel yang digunakan dalam penelitian meliputi variabel input (kemandirian anak yang masih rendah), variabel proses (toilet training) dan variabel output (peningkatan kemandirian anak). Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi. Metode analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif prosentase. Kesimpulan hasil penelitian membuktikan bahwa toilet training efektif untuk meningkatkan kemandirian anak BA „Aisyiyah Rambeanak 1 Kecamatan Mungkid Kabupaten Magelang. Sebelum diberikan tindakan toilet training, tingkat kemandirian anak baru mencapai 56,3%. Setelah diberikan tindakan toilet training pada siklus 1, tingkat kemandirian anak meningkat menjadi 73,6%. Setelah diberikan tindakan toilet training pada siklus 2, tingkat kemandirian anak meningkat menjadi 85,9%. Setelah penelitian selesai, diketahui kemandirian anak tetap tinggi. Hal tersebut dilihat dari nilai rata-rata dengan tingkat persentase 86,6% > 75%. Dengan demikian dapat diketahui bahwa kemandirian anak sudah melekat dalam kehidupan sehari-hari meskipun sudah tidak ada tindakan pembiasaan toilet training di sekolah

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Tawil, M.Pd., Kons. (0008015701) dan Khusnul Laely, M.Si. (0620078601)
Uncontrolled Keywords: Toilet Training, Kemandirian Anak.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 29 Aug 2019 04:40
Last Modified: 29 Aug 2019 04:40
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/437

Actions (login required)

View Item View Item