PERAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK SD (Penelitian dilakukan pada orang tua siswa kelas IV SD Negeri Sidosari Salaman)

Farahwati, Anisa (2023) PERAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK SD (Penelitian dilakukan pada orang tua siswa kelas IV SD Negeri Sidosari Salaman). Other thesis, Skripsi,Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img] PDF (Skripsi)
1703050070_COVER_BABI_BABII_BABIII_BABV_DAFTARPUSTAKA - Rizki Devin Irvando.pdf - Published Version

Download (862kB)
[img] PDF (Skripsi)
1703050070_COVER_BABIV - Rizki Devin Irvando.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (545kB)
[img] PDF (Skripsi)
1703050070_COVER_LAMPIRAN - Rizki Devin Irvando.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] PDF (Skripsi)
1703050070_FULL Text - Rizki Devin Irvando.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] PDF (Skripsi)
1703050070_COVER_UNGGAH REPOSITORY atau NON REPOSITORY - Rizki Devin Irvando.pdf - Published Version

Download (70kB)

Abstract

Pendidikan kecerdasan interpersonal belum sepenuhnya diterapkan dalam lingkungan pendidikan sehingga sejumlah pelajar dan lulusan pendidikan menunjukan sikap yang kurang terpuji. Orang tua lebih mementingkan kecerdasan akademik dan mengabaikan kecerdasan interpersonal sehingga anak tidak mengenal potensi yang ada dalam diri anak. Perhatian orang tua yang baik terhadap perkembangan kecerdasan interpersonal anak usia dini dapat menjadikan anak tumbuh dengan optimal. Terkait dengan permasalahan tersebut tujuan penelitian ini yaitu mengetahui perkembangan interpersonal anak SD, mengetahui peran orang tua dalam mengembangkan interpersonal anak, dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat peran orang tua dalam mengembangkan interpersonal anak di SD Negeri Sidosari Salaman. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi deskriptif sebagai desain penelitiannya. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Sidosari Salaman, Kabupaten Magelang. Sumber data primer padna penelitian ini adalah hasil observasi dan wawancara orang tua yang mempunyai anak kelas IV. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan angket. Analisis data yang digunakan teknik deskriptif yaitu Pengumpulan data, Reduksi Data, Penyajian Data dan Penarikan Kesimpulan dan Verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) perkembangan dapat dilihat dalam bentuk sifat empati kepada orang lain, komunikasi yang baik dan sopan dengan lawan bicaranya, memiliki sifat tolong menolong kepada sesama, dan berbuat baik kepada orang lain. 2) peran orang tua dalam mengembangkan kecerdasan interpersonal anak di SD Negeri Sidosari yaitu orang tua sebagai pendidik yaitu dengan memberi nasehat, contoh empiris dan motivasi. Orang tua sebagai pengasuh memberikan kepercayaaan kepada anak, memotivasi anak, mendampingi anak, dan lain-lain. Orang tua sebagai motivator mensupport anak untuk menjadi orang yang sukses, dan lain-lain. Orang tua sebagai teladan mencontohkan langsung membantu tetangga yang membutuhkan, memberikan contoh-contoh orang baik dan lain-lain. 3) faktor pendukung orang tua ketika menjalankan fungsi dan peranya dengan baik dan maksimal, maka kecerdasan interpersonal anak dapat berkembang dengan baik. Faktor penghambat mengembangkan kecerdasan interpersonal anak di SD Negeri Sidosari Salaman adalah peran pendidikan orang tua yang tidak berjalan sesuai semestinya.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Septiyati Purwandari, M.Pd dan Dr. Rasidi, M.Pd
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 06 Jun 2024 07:19
Last Modified: 06 Jun 2024 07:19
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4346

Actions (login required)

View Item View Item