Turniyati, Turniyati (2023) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MENGGUNAKAN MULTIMEDIA PADA MATERI KEPRIBADIAN NABI MUHAMMAD SAW DI KELAS IV MI MUHAMMADIYAH MEDURA. Other thesis, Skripsi ,Universitas Muhammadiyah Magelang.
PDF (Skripsi)
18.0401.0057_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (423kB) |
|
PDF (Skripsi)
18.0401.0057_COVER_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (436kB) |
|
PDF (Skripsi)
18.0401.0057_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
PDF (Skripsi)
18.0401.0057_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
PDF (Skripsi)
18.0401.0057_COVER_UNGGAH REPOSITORY.pdf - Published Version Download (219kB) |
Abstract
Media pembelajaran adalah sarana atau alat bantu pendidikan yang dapat digunakan sebagai perantara dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pengajaran. Keberhasilan suatu proses pembelajaran dapat diketahui dari tingkat penguasaan siswa terhadap materi yang diajarkan. Salah satu alternatif yang dapat meningkatkan motivasi dan semangat belajar siswa terutama hasil pembelajaran adalah dengan menggunakan media pembelajaran multimedia. Pembelajaran multimedia adalah proses pembelajaran menggunakan dua unsur atau lebih, media terdiri dari teks, grafik, gambar, foto, audio, video, dan animasi secara integrasi. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menciptakan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) yang aktif, inovatif, kreatif, dan menyenangkan dengan menggunakan multimedia sehingga dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di MI Muhammadiyah Medura Kabupaten Magelang terhadap 31 siswa kelas IV dengan memanfaatkan multimedia. Penelitian ini dilakukan melalui 3 siklus dalam setiap siklusnya dilaksanakan 1 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajara siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan rata rata 67 % secara bertahap, pra siklus 29%, kemudian siklus I meningkat menjadi 58%, pada siklus II mendapatkan 77% dan siklus III akumulasi ketuntasan sebesar 96%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan multimedia bisa dikatakan efektif dalam meningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI materi kepribadian Nabi Muhammad SAW di MI Muhammadiyah Medura.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Irham Nugroho M.Pd dan Afga Shidiq Rifa’i M.Pd.I, |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 07:08 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 07:08 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4328 |
Actions (login required)
View Item |