PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMP NEGERI 1 MERTOYUDAN

Mardani, Nurlita Dwi (2023) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMP NEGERI 1 MERTOYUDAN. Other thesis, Skripsi ,Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img] PDF (Skripsi)
19.0401.0092_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA - Nurlita Dwi Mardani.pdf - Published Version

Download (312kB)
[img] PDF (Skripsi)
19.0401.0092_COVER_BAB IV - Nurlita Dwi Mardani.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (460kB)
[img] PDF (Skripsi)
19.0401.0092_COVER_LAMPIRAN - Nurlita Dwi Mardani.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF (Skripsi)
19.0401.0092_FULL TEXT - Nurlita Dwi Mardani (1).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] PDF (Skripsi)
19.0401.0092_COVER_UNGGAH REPOSITORY - Nurlita Dwi Mardani.pdf - Published Version

Download (218kB)

Abstract

Sistem pendidikan di Indonesia mengalami banyak perubahan mulai dari perubahan kurikulum, pengembangan sistem proses belajar, pemanfaatan sarana dan prasarana bagi sistem pendidikan bahkan peningkatan mutu guru sebagai seorang pendidik. Berdasarkan perubahan tersebut, maka adanya pembaharuan yaitu kurikulum merdeka. Konsep merdeka belajar diambil dalam upaya memberikan kebebasan bagi guru untuk mengembangkan ide-ide kreatif dalam proses pembelajaran sesuai dengan keperluan peserta didik. Pendidikan Agama Islam sebagai rangkaian mata pelajaran Islam disampaikan baik secara formal di sekolah maupun non formal di masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Mertoyudan telah sesuai dengan kurikulum merdeka artinya mengikuti peraturan pemerintah sesuai dengan alurnya. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Implementasi Kurikulum Merdeka dan untuk menjelaskan faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan kurikulum merdeka pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Mertoyudan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Keabsahan data diperoleh melalui teknik Triangulasi data kemudian data dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam implementasi kurikulum merdeka di SMP Negeri 1 Mertoyudan terdiri dari 3 struktur kegiatan kurikulum merdeka yaitu: kegiatan intrakulikuler menerapkan metode Problem Based Learning, projek penguatan profil pelajar pancasila kegiatan market day bazar makanan tradisional, dan kegiatan ekstrakulikuler bidang keagamaan yaitu baca tulis Al-Quran. Faktor pendukung dalam pelaksanaan kurikulum merdeka yaitu: adanya platform merdeka mengajar yang disediakan oleh pemerintah dan guru aktif mengikuti komunitas musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) serta kegiatan seminar di sekolah maupun di luar sekolah. Adapun faktor penghambat yaitu: pola pikir seorang guru yang masih kurang paham terkait kurikulum merdeka, sarana dan prasarana yang kurang memadai, dan akses jaringan wifi yang belum merata.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Mujahidun, M. Pd dan Istania Widayati Hidayati, M.Pd.I
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 06 Jun 2024 07:07
Last Modified: 06 Jun 2024 07:07
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4325

Actions (login required)

View Item View Item