PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK MELALUI PROGRAM PRIMA RELIGIUS DI MI MUHAMMADIYAH TERPADU HARAPAN KOTA MAGELANG

Setyawan, Ridwan (2023) PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK MELALUI PROGRAM PRIMA RELIGIUS DI MI MUHAMMADIYAH TERPADU HARAPAN KOTA MAGELANG. Other thesis, Skripsi ,Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img] PDF (Skripsi)
19.0401.0086_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (485kB)
[img] PDF (Skripsi)
19.0401.0086_COVER_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (515kB)
[img] PDF (Skripsi)
19.0401.0086_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Skripsi)
19.0401.0086_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] PDF (Skripsi)
19.0401.0086_COVER_PERNYATAAN UNGGAH RESPOSITORY.pdf - Published Version

Download (166kB)

Abstract

Sebelum diadakan program Prima Religius di MI Muhammadiyah Terpadu Harapan kota Magelang karakter religius siswa masih rendah. Siswa belum melaksanakan ibadah secara rutin seperti ibadah wajib maupun ibadah sunnah. tidak melaksanakan ibadah secara rutin dapat merenggangkan jarak dengan sang maha pencipta yang dapat menimbulkan krisisnya karakter religius anak dan menjadikan banyaknya kasus bullying verbal di madrasah dan kurangnya tata karma terhadap orang tua. Maka dari itu tujuan peneliti adalah untuk mendeskripsikan Pembentukan Karakter Religius melalui Program Prima Religius di madrasah dan dampak Pembentukan Karakter Religius melalui Program Prima Religius terhadap Peserta Didik di madrasah. Adapun jenis dan pendekatan penelitian menggunakan kualitatif deskriptif. Sedangkan subjeknya adalah : kepala sekolah, guru dan peserta didik. Teknik pengumpul data yang diperlukan ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Pembenukan karakter religius peserta didik melalui program Prima Religius di MI Muhammadiyah Terpadu Harapan kota Magelang dilaksanakan dengan tiga program kegiatan yaitu pembiasaan terjadwal bertujuan untuk membiasakan anak mengrjakan sesuatu dengan baik. Program kegiatan kedua adalah dengan pembiasaan spontan yang bertujuan untuk melatih kebiasaan baik tidak hanya di lingkungan sekolah, tetapi juga di lingkungan masyarakat. Terakhir adalah dengan pembiasaan insidental yang bertujuan memberikan wawasan dan pengalaman tambahan kepada peserta didik yang berkenaan dengan unsur-unsur baru dalam kehidupan masyarakat yang penting bagi perkembangan peserta didik. Ketiga program kegiatan tersebut terkemas dalam program Prima Religius dan dilaksanakan secara rutin dan terjadwal. 2) Faktor pendukung dari program Prima Religius ini yaitu program ini sudah tersistematis atau sudah terjadwal. serta sudah adanya alat pantau keberhasilan program yang mengakibatkan dampak baik untuk program Prima Religius ini yaitu dengan instrume penilaian dan Faktor penghambat pada program Prima Religius ini yaitu sarana fisik yang kurang memadai di madrasah seperi pembiasaan pagi yang masih dilaksanakan di lapangan menggunakan alas terpal dan juga shalat dzuhur berjamaah di kelas masing masing karna musholla madrasah tidak bisa menamung seluruh siswa siswi madrasah.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. M. Tohirin, M.Ag. dan Akhmad Baihaqi, M.Pd.I
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 06 Jun 2024 07:06
Last Modified: 06 Jun 2024 07:06
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4321

Actions (login required)

View Item View Item