Devi, Shamita Shetty (2023) PENERAPAN METODE TALAQQI DI SD ISLAM TAHFIDZ QUR’ AN AS SYAFI’IYAH KABUPATEN MAGELANG. Other thesis, Skripsi ,Universitas Muhammadiyah Magelang.
PDF (Skripsi)
19.0401.0051_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA - Shamita shetty _devi.pdf - Published Version Download (710kB) |
|
PDF (Skripsi)
19.0401.0083_COVER_BAB IV - Shamita shetty _devi.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (491kB) |
|
PDF (Skripsi)
19.0401.0083_COVER_LAMPIRAN - Shamita shetty _devi.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
PDF (Skripsi)
19.0401.0083_FULL TEXT - Shamita shetty _devi.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
PDF (Skripsi)
19.0401.0083_COVER_UNGGAH REPOSITORY - Shamita shetty _devi.pdf - Accepted Version Download (187kB) |
Abstract
Lembaga pendidikan Islam di Indonesia saat ini memiliki perhatian serius dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menghafal Al-Qur’ an. Siswa di SD Islam Tahfidz Qur’ an As Syafi’iyah masih banyak yang kemampuan dalam menghafalnya kurang lancar, adapula siswa yang telah lancar dalam melafadzkan hafalan ayat Al-Qur’ an tetapi masih belum lancar untuk membaca Al-Qur’ an yang baik dan benar sesuai tajwid. Adanya masalah tersebut tentu dibutuhkan upaya dari seorang guru untuk bisa menghafalkan Al-Qur’ an, salah satunya yaitu menggunakan metode talaqqi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode talaqqi di SD Islam Tahfidz Qur’ an As Syafi’iyah, bagaimana hafalan qur’ an siswa tahfidz khusus serta faktor pendukung dan penghambat penerapan metode talaqqi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini dilakukan dengan kepala sekolah, guru tahfidz dan siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode talaqqi di SD Islam Tahfidz Qur’ an As Syafi’iyah terdiri dari tiga tahap yaitu persiapan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi. Kedua kemampuan menghafal Al-Qur’ an dengan penggunaan metode talaqqi sudah dalam kategori baik. Ketiga faktor pendukungnya yaitu adanya motivasi, muraja’ah, adanya apresiasi dan Al-Qur’ an Al Itqan. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kemampuan siswa yang berbeda, tidak ada dukungan orang tua dan suasana kelas kurang kondusif.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Mujahidun, M.Pd dan Istania Widayati Hidayati, M.Pd.I |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 07:05 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 07:05 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4319 |
Actions (login required)
View Item |