Hidayah, Indah Nurul (2023) IMPLEMENTASI METODE SOROGAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA AL-QURAN DI SD NEGERI MEJING 2 KABUPATEN MAGELANG. Other thesis, Skripsi ,Universitas Muhammadiyah Magelang.
PDF (Skripsi)
19.0401.0080_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (467kB) |
|
PDF (Skripsi)
19.0401.00080_COVER_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (598kB) |
|
PDF (Skripsi)
19.0401.0080_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
PDF (Skripsi)
19.0401.0080_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
PDF (Skripsi)
19.0401.0080_COVER_UNGGAH REPOSITORY.pdf - Published Version Download (113kB) |
Abstract
Dalam membaca Al-quran dibutuhkan pedoman untuk membaca dengan baik, benar, dan sempurna yaitu berupa tajwid dan makharij al-huruf. SD Negeri Mejing 2 Kabupaten Magelang menerapkan metode tradisional sorogan, yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan baca al-quran siswa kelas 6. Terdapat berbagai permasalahan ketika siswa membaca al-quran, yakni siswa belum fasih, tergesa-gesa, dan tidak berpatokan pada tajwid dan makharij al-huruf. Metode Sorogan merupakan kegiatan yang menitikberatkan pada pengembangan kemampuan perseorangan (individu) dibawah bimbingan seorang guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Metode Sorogan untuk meningkatkan kemampuan baca al-quran siswa kelas 6 SDN Mejing 2 Kabupaten Magelang serta mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaan Metode Sorogan untuk meningkatkan kemampuan baca al-quran pada siswa kelas 6 SDN Mejing 2 Kabupaten Magelang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian meliputi: (1) Implementasi Metode Sorogan dalam meningkatkan kemampuan baca al-quran pada siswa kelas 6 SDN Mejing 2 Kabupaten Magelang dilaksanakan satu kali dalam satu minggu yaitu hari Kamis pukul 06.30 sampai 07.30. Sistem mengaji sorogan yaitu siswa kelas 6 yang berjumlah 16 anak dibagi menjadi 3 kelompok, kelompok pertama dengan ustadz Samsul, kelompok kedua dengan ustadz Nurfaudin, dan kelompok ketiga dengan ustadz Rizal. Siswa yang dipanggil namanya oleh ustadz pengampu harus maju untuk membaca al-quran. Siswa yang belum dipanggil menunggu gilirannya di belakang dan mempelajari al-quran nya. Setelah satu tahun diterapkannya Metode Sorogan, kemampuan baca al-quran pada siswa kelas 6 meningkat 1,07%. (2) Faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan Metode Sorogan untuk meningkatkan kemampuan baca al-quran siswa kelas 6 SDN Mejing 2, di antaranya adalah riwayat pendidikan para guru pengampu yang merupakan lulusan pondok dan menjadi guru ngaji di desanya masing-masing, adanya tata tertib yang jelas, serta sarana dan prasarana yang memadai. Kemudian faktor penghambatnya yaitu, strategi mengajar guru kurang variatif, dan kurangnya alokasi waktu.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Mujahidun, M.Pd. dan Istania Widayati Hidayati, M.Pd.I |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 07:05 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 07:05 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4318 |
Actions (login required)
View Item |