ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GASAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 KOTA MUNGKID TAHUN AJARAN 2022/2023

Muiz, Abdul (2023) ANALISIS BUTIR SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GASAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 KOTA MUNGKID TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, Skripsi ,Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img] PDF (Skripsi)
19.0401.0073_COVER_ BAB I_ BAB II_ BAB III_ BAB V_ DAFTAR PUSTAKA - Abdul Muiz.pdf - Published Version

Download (597kB)
[img] PDF (Skripsi)
19.0401.0073_COVER_BAB IV - Abdul Muiz.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (570kB)
[img] PDF (Skripsi)
19.0401.0073_COVER_LAMPIRAN - Abdul Muiz.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] PDF (Skripsi)
19.0401.0073_FULLTEXT - Abdul Muiz.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] PDF (Skripsi)
19.0401.0073_COVER_UNGGAH REPOSITORY atau NON REPOSITORY - Abdul Muiz.pdf - Published Version

Download (983kB)

Abstract

Evaluasi pendidikan yang dilakukan oleh sekolah formal di seluruh Indonesia guna untuk mengetahui ketercapaian murid dalam memahami pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran, juga evaluasi pendidikan yang dilakukan untuk mengetahui ketercapaian kompetensi yang telah dirancang sedemikian rupa agar siswa dapat memahami materi dan mencapai tujuan pembelajaran tersebut. Adanya evaluasi di setiap tahapan agar tercapai tujuan pembelajaran sesuai dengan perencanaan, pelaksanaan, tujuan, dan muaranya pada evaluasi yang menjadi tolak ukur sebuah keberhasilan dalam proses belajar mengajar, namun timbul berbagai problematika berkaitan dengan proses belajar mengajar yg membuat tergesernya tatanan proses belajar mengajar, salah satunya wabah covid-19 yang berlangsung kurang lebih 2 tahun, fakta di lapangan menunjukkan bahwa selama ini kegiatan analisis butir-butir soal jarang dilakukan Itulah sebabnya materi, validitas, reliabilitas, dan analisis butir soal yang terdiri dari tingkat kesukaran, daya pembeda tidak diketahui secara pasti, adanya uji kualitas soal untuk mengetahui seberapa jauh ketercapaian materi yang disampaikan oleh guru dan sebagai tolak ukur ketercapaian siswa tidak hanya dengan hasil penilaian saja, akan tetapi guru perlu mengetahui dan menjadi bahan evaluasi tentang seberapa valid, reliabel daya beda dan tingkat kesukaran soal yang telah diujikan untuk menjadi bahan perancangan soal di kemudian hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal Ujian Akhir Semester Gasal Pendidikan Agama Islam, pada kelas XII di SMA Negeri 1 Kota Mungkid Tahun Ajaran 2022/2023. penelitian ini merupakan jenis penelitian analisis isi dengan metode pendekatan deskriptif kuantitatif menggunakan aplikasi komputer yaitu IBM SPSS Statistics versi 20, Microsoft Office Excel dan ZYA CBT. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) validitas soal baik dengan 38 soal valid atau sekitar 84 % butir soal, sedangkan 7 butir soal dinyatakan tidak valid atau sekitar 16%.(2) reliabilitas cukup tinggi dengan nilai r(11) yaitu 0,740, sedangkan pada rumus Alpha Cronbach, 0,722, dan sedangkan pada rumus Spearman Brown,.adalah 0,759.(3) kesukaran dan daya beda kurang baik dan cukup dengan 29 butir soal (72%) dalam kategori mudah, 7 butir soal (18 %) dalam kategori sedang, dan 3 butir soal (10%). Sedangkan daya beda cukup dengan yaitu 5 butir soal atau 13%, soal dalam kategori baik yaitu 9 butir soal atau 24%, soal dalam kategori cukup yaitu 24 butir soal atau 63%.Dan soal dalam kategori lemah yaitu 13 butir soal atau 24%, soal dalam kategori cukup yaitu 22 butir soal atau 56%, dan soal dalam kategori baik yaitu 3 butir soal atau 8%.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. M. Tohirin, S.Ag., M.Ag dan Akhmad Baihaqi, M.Pd.I
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 06 Jun 2024 07:05
Last Modified: 06 Jun 2024 07:05
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4316

Actions (login required)

View Item View Item