PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER ISLAMI SISWA DI SD NEGERI CANDIREJO 1 BOROBUDUR

Suluki, Miftahul Husnul (2023) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER ISLAMI SISWA DI SD NEGERI CANDIREJO 1 BOROBUDUR. Other thesis, Skripsi ,Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img] PDF (Skripsi)
19.0401.0064_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (592kB)
[img] PDF (Skripsi)
19.0401.0064_COVER_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (460kB)
[img] PDF (Skripsi)
19.0401.0064_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF (Skripsi)
19.0401.0064_FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] PDF (Skripsi)
19.0401.0064_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY.pdf - Published Version

Download (185kB)

Abstract

Guru Pendidikan Agama Islam mempunyai peran yang besar dalam penanaman nilai-nilai karakter siswanya, guru merupakan pelaku utama dalam penanaman karakter. Sikap dan perilaku seorang guru sangat berpengaruh dalam diri siswa, sehingga ucapan dan kepribadian guru menjadi cerminan bagi siswa. Guru memiliki tanggung jawab dalam menghasilkan generasi yang berkarakter, berbudaya, dan bermoral. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan perencanaan, metode, dan faktor pendukung maupun faktor penghambat dalam penanaman nilai-nilai karakter Islami siswa. Metode peneletian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dan menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah wawancara (interview), pengamatan (observasi), dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu melalui data collection, reduksi data, penyajian data (data display), dan kesimpulan (verification). Hasil penelitian yaitu (1) perencanaan penanaman nilai-nilai karakter Islami siswa adalah dengan merancang kurikulum, merancang perangkat pembelajaran (prota, promes, silabus, RPP, dan materi pembelajaran), membutuhkan pengelolaan kelas seperti penataan hiasan dinding, kebersihan kelas, posisi pojok baca, dan posisi tempat duduk. Pengelolaan lingkungan dimana setiap siswa harus menjaga kebersihan lingkungan di sekitarnya. Dan identifikasi karakter yang mana siswa sudah memiliki karakter religius, disiplin, tanggung jawab, jujur, dan peduli sosial. Terdapat juga perencanaan khusus dalam penanaman karakter seperti moral knowing yaitu guru harus mengaitkan contoh moral dalam setiap pembelajaran. Moral feeling yaitu guru harus bisa mengontrol emosi siswa. Moral action yaitu siswa mendapatkan pembiasaan karakter dari bimbingan guru. (2) Metode yang digunakan adalah metode keteladanan, metode nasehat, metode demonstrasi, dan metode diskusi. (3) Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penanaman nilai-nilai karakter Islami siswa adalah dari orang tua dan lingkungan anak, ketika orang tua dan lingkungan anak mendukung penuh kegiatan sekolah maka akan berjalan lancar, begitupun sebaliknya karena pasti ada orang tua maupun lingkungan yang salah paham akan kegiatan yang diadakan di sekolah.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Imam Mawardi, M.Ag. dan Subur, M.S.I.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 06 Jun 2024 07:04
Last Modified: 06 Jun 2024 07:04
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4311

Actions (login required)

View Item View Item