PENGARUH MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP ETIKA BERPAKAIAN SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 1 MUNTILAN KABUPATEN MAGELANG

Farikha, Inas Sakina (2023) PENGARUH MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP ETIKA BERPAKAIAN SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH 1 MUNTILAN KABUPATEN MAGELANG. Other thesis, Skripsi ,Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img] PDF (Skripsi)
1904010061_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (580kB)
[img] PDF (Skripsi)
1904010061_COVER_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[img] PDF (Skripsi)
1904010061_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Skripsi)
1904010061_FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] PDF (Skripsi)
1904010061_COVER_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (168kB)

Abstract

Pakaian yang baik menurut islam biasa disebut dengan pakaian syar’i, yaitu pakaian yang dapat menutup seluruh aurat. Aturan berpakaian syar'i ditujukan kepada seluruh umat muslim yang sudah baligh. Adanya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi pada aplikasi media sosial selain membawa dampak positif dan dampak negatif juga bisa berdampak pada etika berpakaian masyarakat muslim termasuk remaja, karena munculnya banyak fashion style yang menarik. Dengan begitu masyarakat dapat dengan mudah memperoleh informasi mengenai perubahan trend fashion saat ini lewat sosial media. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media sosial TikTok terhadap etika berpakaian siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Muntilan Kabupaten Magelang. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Muntilan Kabupaten Magelang yang berjumlah 198 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah probability sampling atau teknik random sampling sehingga di dapatkan 66 siswa dari jumlah populasi dengan menggunakan rumus slovin. Hasil analisis data menyatakan bahwa (1) pada variabel media sosial TikTok yang masuk dalam kategori sering 3 siswa (4,54%), kategori kadang 22 siswa (33,33%), kategori jarang 32 siswa (48,48%) dan lainnya masuk dalam kategori tidak pernah 9 siswa (13,63%), (2) pada variabel etika berpakaian yang masuk dalam kategori sering 37 siswa (56,06%), kategori jarang 5 siswa (7,57%), kategori kadang 22 siswa (33,33%), dan lainnya masuk dalam kategori tidak pernah yaitu sebanyak 2 siswa (3,03%), dan (3) mendapatkan hasil bahwa dari adanya analisis regresi linier sederhana memperoleh nilai signifikansi 0,017 < probabilitas (α) 0,05 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak dengan kesimpulan media sosial TikTok berpengaruh signifikan terhadap etika berpakaian siswa kelas XI di SMA Muhammadiyah 1 Muntilan Kabupaten Magelang. Dengan perolehan pengaruh sebesar 63%.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Mujahidun, M.Pd dan Istania Widayati Hidayati, M.Pd.I.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 06 Jun 2024 07:03
Last Modified: 06 Jun 2024 07:03
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4308

Actions (login required)

View Item View Item