Azka, Ahmad Fahri (2023) EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN SISTEM CIPP DI TPA MANBA’UL QUR’AN PAYAMAN. Other thesis, Skripsi ,Universitas Muhammadiyah Magelang.
PDF (Skripsi)
19.0401.0053_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (612kB) |
|
PDF (Skripsi)
19.0401.0053_COVER_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (722kB) |
|
PDF (Skripsi)
19.0401.0053_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
PDF (Skripsi)
19.0401.0053_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
PDF (Skripsi)
19.0401.0053_COVER_UNGGAH REPOSITORI.pdf - Published Version Download (219kB) |
Abstract
Membaca Al-Qur’an dengan benar merupakan langkah awal dalam memahami isi dari Al-Qur’an. Melalui program pembelajaran membaca Al-Qur’an anak didik dapat bertambah wawasan mengenai pengetahuan cara melafalkan ayat-ayat Al-Qur’an sesuai dengan mengetahui mahkorijul huruf dan kaidah tajwid sehingga tidak terjadi perubahan makna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pelaksanaan kegiatan program pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan di TPA Manba’ul Qur’an Payaman. 2) mengevaluasi program pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan menggunakan sistem CIPP di TPA Manba’ul Qur’an Payaman. Adapun Jenis penelitian yang akan dilakukan pada penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Pelaksanaan kegiatan program pembelajaran membaca Al- Qur’an dilaksanakan dengan menggunakan metode Yanbu’a. Mudah dipahami dan diajarkan yang menjadi latar belakang metode Yanbu’a digunakan. 2) Pada Evaluasi Context (konteks) yakni TPA Manba’ul Qur’an telah memiliki tujuan dalam pembelajarannya bahwa anak didik dapat membaca sesuai Al-Qur’an sesuai dengan makhraj dan tajwid. Pada Evaluasi Input (masukan) pengajar menentukan suatu strategi yakni menentukan isi materi pembelajaran berupa buku Yanbu’a. Selain itu menentukan metode dalam penyampaian dengan secara sorogan (individual) dan talaqi (langsung). Rencana pembelajarannya merancang kegiatan yakni pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Pada Evaluasi Process (proses) pelaksanaan pembelajarannya pengajar sudah baik dalam menyampaikan pembelajarannya dari segi pengelolaan kelas hingga kemampuan mengajar yang berkompeten. Pada Evaluasi Product yakni dengan adanya program pembelajaran membaca Al-Qur’an anak mampu melafalkan Al-Qur’an sesuai makhraj dan tajwid.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Imron, MA dan Afga Sidiq Rifai M.Pd.I |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 07:02 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 07:02 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4303 |
Actions (login required)
View Item |