Wahyuningtyas, Rahma (2023) PENGARUH JENIS- JENIS POLA ASUH ORANGTUA TERHADAP KECERDASAN EMOSI PADA SISWA DI SMP NEGERI 7 MAGELANG. Other thesis, Skripsi ,Universitas Muhammadiyah Magelang.
PDF (Skripsi)
19.0401.0051_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA - Rahma Wahyuningtyas.pdf - Published Version Download (710kB) |
|
PDF (Skripsi)
19.0401.0051_COVER_BAB IV - Rahma Wahyuningtyas.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (684kB) |
|
PDF (Skripsi)
19.0401.0051_COVER_LAMPIRAN - Rahma Wahyuningtyas.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
PDF (Skripsi)
19.0401.0051_FULL TEXT - Rahma Wahyuningtyas.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
PDF (Skripsi)
19.0401.0051_COVER_UNGGAH REPOSITORY - Rahma Wahyuningtyas.pdf - Published Version Download (243kB) |
Abstract
Keluarga merupakan pendidikan awal yang diterima oleh seorang anak. Seorang anak akan meniru apa yang diajarkan oleh orangtuanya dan kebiasaan- kebiasaan yang diterapkannya. Perkembangan kecerdasan emosi antar anak sangatlah berbeda. Ada hal menarik dari sisi kepribadian siswa di SMP Negeri 7 Magelang, seperti siswa memiliki rasa simpati, empati, motivasi belajar yang tinggi, mudah berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jenis- jenis pola asuh orangtua terhadap kecerdasan emosi siswa SMP Negeri 7 Magelang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan instrumen penelitian berupa angket. Sampel yang digunakan diambil menggunakan teknik random sampling dengan ukuran sampel sebanyak 119 responden dengan tingkat kesalahan 5%. Setelah dilakukan pengumpulan data, kemudian dilakukan analisis data, yakni dengan analisis regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis pola asuh orangtua yang dominan diterapkan pada siswa SMP Negeri 7 Magelang adalah pola asuh demokratis dengan persentase 65,55%. Tingkat kecerdasan emosi siswa SMP Negeri 7 Magelang tergolong sedang dengan persentase 78,15% dari semua responden. Jenis- jenis pola asuh orangtua, yakni pola asuh otoriter, pola asuh demokratis, dan pola asuh permisif berpengaruh signifikan terhadap kecerdasan emosi. Besarnya persentase pengaruh dari masing- masing jenis pola asuh orangtua terhadap kecerdasan emosi, yakni pola asuh otoriter sebesar 6,8%, pola asuh demokratis sebesar 11,9 %, dan pola asuh permisif sebesar 9,4 %.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Imron, MA dan Afga Sidiq Rifai, M.Pd.I. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 07:01 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 07:01 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4302 |
Actions (login required)
View Item |