Ain, Churin (2023) PENERAPAN METODE UMMI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA SDIT IHSANUL FIKRI KOTA MAGELANG. Other thesis, Skripsi ,Universitas Muhammadiyah Magelang.
PDF (Skripsi)
19.0401.0041_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_ BAB V_ DAFTAR PUSTAKA - Churin Ain.pdf - Published Version Download (802kB) |
|
PDF (Skripsi)
19.0401.0041_COVER_ BAB IV - Churin Ain.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (597kB) |
|
PDF (Skripsi)
19.0401.0041_COVER_ LAMPIRAN - Churin Ain.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
PDF (Skripsi)
19.0401.0041_FULL TEXT (PDF) - Churin Ain.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
PDF (Skripsi)
19.0401.0041_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY - Churin Ain.pdf - Published Version Download (215kB) |
Abstract
Membaca Al-Qur’an merupakan salah satu ibadah bagi setiap muslim. Namun tidak setiap orang mampu membaca Al-Qur’an secara otodidak, diperlukan adanya belajar membacanya terlebih dahulu dengan guru yang sering disebut sebagai pembelajaran Al-Qur’an. Pembelajaran Al-Qur’an dilakukan guna membentuk dan meningkatkan adanya kemampuan membaca Al-Qur’an . Pembelajaran Al-Qur’an dapat dilakukan di berbagai tempat salah satunya sekolah. Mengenai metode pembelajaran Al-Qur’an terdiri dari beberapa cara salah satu nya Metode Ummi. Sebagaimana penerapan Metode Ummi yang dilakukan di SDIT Ihsanul Fikri Kota Magelang. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui penerapan Metode Ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa SDIT Ihsanul Fikri Kota Magelang (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat penerapan Metode Ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa SDIT Ihsanul Fikri Kota Magelang. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penerapan Metode Ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa SDIT Ihsanul Fikri Kota Magelang diawali dengan adanya pra pelaksanaan Metode Ummi, yang mana menyiapkan guru yang profesional dengan adanya ketentuan guru yang menjadi pengajar harus lulus tashih, tahsin kemudian mendapat sertifikasi guru Al-Qur’an. Kemudian setelah itu pembelajaran Metode Ummi, terbagi menjadi 2 kategori kelas yaitu reguler dan takhasus. Kelas reguler belajar tentang jilid 1 sampai dengan jilid 6. Kelas takhasus belajar materi jilid 6, Al-Qur’an, jilid Gharib dan tajwid. Tahap pembelajarannya terdiri dari pembukaan, apersepsi, penanaman konsep, pemahaman konsep, latihan, evaluasi dan penutup. Adapun evaluasi pembelajaran Metode Ummi dilakukan dengan cara melakukan supervisi yang mana kegiatan ini dilakukan oleh Ummi Foundation untuk menilai program Metode Ummi SDIT Ihsanul Fikri Kota Magelang . Kemudian evaluasi yang dilakukan oleh pihak SDIT Ihsanul Fikri Kota Magelang terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa melalui Metode Ummi adalah dengan cara menilai bacaan Al-Qur’an siswa pada saat kegiatan Metode Ummi berlangsung. Kemudian, jika siswa kelas reguler maupun takhasus telah menguasai jilid tajwid maka siswa akan dipersiapkan untuk mengikuti munaqosyah kemudian khotaman sebagai tahap akhir dalam kegiatan Metode Ummi. 2) Faktor pendukung penerapan Metode Ummi di SDIT Ihsanul Fikri Kota Magelang yaitu fasilitas yang memadai dan guru telah lulus sertifikasi. Faktor penghambatnya yaitu belum ada guru pengganti dan kurangnya perhatian orang tua terhadap anak.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Mujahidun, M.Pd |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 07:00 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 07:00 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4297 |
Actions (login required)
View Item |