STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN PADA SISWA DI SD NEGERI SENGI 1 KABUPATEN MAGELANG

Dewi, Dina Pita (2023) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN PADA SISWA DI SD NEGERI SENGI 1 KABUPATEN MAGELANG. Other thesis, Skripsi ,Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img] PDF (Skripsi)
19.0401.0038_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA - Dina Pita Dewi.pdf - Published Version

Download (470kB)
[img] PDF (Skripsi)
19.0401.0038_COVER_BAB IV - Dina Pita Dewi.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (278kB)
[img] PDF (Skripsi)
19.0401.0038_COVER_LAMPIRAN - Dina Pita Dewi.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Skripsi)
19.0401.0038_FULLTEXT - Dina Pita Dewi.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF (Skripsi)
19.0401.0038_COVER_UNGAH REPOSITORY - Dina Pita Dewi.pdf - Published Version

Download (99kB)

Abstract

Strategi pembelajaran merupakan pedoman untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan. Selain itu strategi pembelajaran dapat diartikan sebagai kegiatan antara guru dan siswa dengan tujuan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) mempunyai kedudukan khusus dalam langkah penanaman nilai-nilai religius untuk menciptakan generasi penerus yang berakhlak mulia, guru PAI dipercaya mampu memberikan konstribusi yang besar terhadap penanaman nilai-nilai keagamaan pada siswa. Kegiatan keagamaan sebagai wadah agar religiusitas siswa terbentuk sesuai dengan ajaran dan syariat Islam. Tujuan penelitian untuk mengetahui apa strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan, untuk mengetahui bagaimana langkah-langkah guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan, serta untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), maka jenis penelitian ini merupakan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pembenaran dan keadsahan data melalui metode triangulasi. Teknik pengambilan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data mengunakan merangkum data, menyajikan data dan kesimpulan. Dari penelitian yang dilakukan didapatkan hasil bahwa strategi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan pada siswa di SD Negeri Sengi 1 yaitu mengunakan strategi pembiasaa, uswatun hasanah, bimbingan, bercerita, reward and punishment, diskusi dan ceramah. Melalui kegiatan penanaman nilai-nilai keagamaan siswa menjadi lebih sadar adanya kewajiban yang harus dilaksanakan dan siswa menjadi lebih peduli dengan orang yang sedang dalam kesusahan, dan memiliki rasa empati terhadap orang lain. Langkah-langkah guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan melalu tiga tahapan yaitu tahap transformasi nilai, tahap transaksi nilai, dan tahap transinternalisasi nilai. Faktor pendukung yaitu ikut sertanya siswa dalam kegiatan mengaji di Taman Pendidikan Al-Qur’an yang ada di dusun masing-masing, adanya kebijakan sekolah memberikan fasilitas untuk kegiatan keagamaan, antusisa siswa sangat baik dalam mengikuti kegiatan keagamaan dan kerjasama antara guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan wali kelas berjalan dengan bail. Faktor penghambat yaitu kurangnya SDM (Sumber Daya Manusia) untuk melaksanakan kegiatan estrakulikuler keagamaan dan masih ada siswa yang tidak mengikuti kegiatan mengaji di Taman Pendidikan Al-Qur’an.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. M. Tohirin, S.Ag., M.Ag dan Akhmad Baihaqi, M.Pd.I
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 06 Jun 2024 07:00
Last Modified: 06 Jun 2024 07:00
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4296

Actions (login required)

View Item View Item