PENERAPAN METODE WAHDAH DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZ AL-BAROKAH MERAPI

Yuldiasih, Yuldiasih (2023) PENERAPAN METODE WAHDAH DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZ AL-BAROKAH MERAPI. Other thesis, Skripsi ,Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img] PDF (Skripsi)
19.0401.0030-COVER-BAB I-BAB II-BAB III-BAB V-DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (450kB)
[img] PDF (Skripsi)
19.0401.0030-COVER-BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (392kB)
[img] PDF (Skripsi)
19.0401.0030-COVER-LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] PDF (Skripsi)
19.0401.0030_FULL TEXT - Yuldiasih.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] PDF (Skripsi)
19.0401.0030_COVER_PERNYATAAN PUBLIKASI - Yuldiasih.pdf - Published Version

Download (185kB)

Abstract

Metode adalah seperangkat cara, jalan dan teknik yang digunakan oleh pendidik dalam proses pembelajaran, metode itu harus diwujudkan dalam proses pendidikan, dalam rangka mengembangkan sikap mental dan kepribadian agar peserta didik menerima pelajaran dengan mudah, efektif dan dapat dicerna dengan baik. Pembelajaran Al-Qur’an merupakan proses perubahan tingkah laku anak didik melalui proses belajar nilai-nilai didalam Al-Qur’an. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode wahdah di Pondok Pesantren Tahfidz Al-Barokah Merapi, faktor pendukung dan penghambat metode wahdah di Pondok Pesantren Tahfidz Al-Barokah Merapi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Penelitian Lapangan (Field Research) yaitu penelitian yang dilaksanakan dengan langsung turun ke lapangan untuk mengamati suatu fenomena dan kejadian secara langsung. Metode yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian deskriptif adalah salah satu jenis penelitian yang tujuannya untuk menyajikan gambaran lengkap mengenai setting sosial atau dimaksudkan untuk eksplorasi dan klarifikasi mengenai suatu fenomena atau kenyataan sosial. Tujuan dari penelitian deskriptif ini adalah membuat deskripsi, gambaran atau lukisan secara sistematis serta hubungan antar fenomena yang diselidiki. Hasil dari penelitian yang telah dilaksanakan menunjukan bahwa penerapan metode wahdah untuk membantu santri dalam membaca dan menghafalkan Al-Qur’an menunjukan hasil yang cukup signifikan dan mampu memotivasi santri, mereka juga berusaha memenuhi target hafalan serta menjaga hafalannya. Untuk mendukung program tersebut pondok memberikan sarana dan prasarana yang memadai sehingga mendukung kelancaran program penerapan metode wahdah di pondok pesantren dan meliputi faktor penghambat santri dan kerjasama orangtua dan perbedaan kemampuan santri akan mempengaruhi dalam hafalan selama pembelajaran tahfidz.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. M. Tohirin, S.Ag., M.Ag dan Akhmad Baihaqi, M.Pd.I
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 06 Jun 2024 07:00
Last Modified: 06 Jun 2024 07:00
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4294

Actions (login required)

View Item View Item