STRATEGI GURU PAI DALAM MEWUJUDKAN KARAKTER ISLAMI PADA SISWA SMP MUHAMMADIYAH PLUS GUNUNGPRING

Wardani, Lely Meia (2023) STRATEGI GURU PAI DALAM MEWUJUDKAN KARAKTER ISLAMI PADA SISWA SMP MUHAMMADIYAH PLUS GUNUNGPRING. Other thesis, Skripsi ,Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img] PDF (Skripsi)
19.0401.0028_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (484kB)
[img] PDF (Skripsi)
19.0401.0028_COVER_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (314kB)
[img] PDF (Skripsi)
19.0401.0028_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Skripsi)
19.0401.0028_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF (Skripsi)
19.0401.0028_COVER_PERNYATAAN PUBLIKASI - lely Meia.pdf - Published Version

Download (124kB)

Abstract

Pendidikan karakter pada era sekarang adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan, dalam kegiatan dan kebiasaan sehari-hari, karena terdapat nilai-nilai dan norma-norma sebagai tolak ukur tentang efektif atau tidaknya dalam pelaksanaannya. Konsep keteladanan dalam pendidikan sangat penting dan dapat mempengaruhi proses pendidikan, terutama dalam membentuk moral, spiritual dan jiwa sosial anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakter yang dimiliki siswa di SMP Muhammadiyah Plus Gunungpring, strategi guru PAI dalam mewujudkan karakter Islami serta problematika dan solusi permasalahan dalam mengembangkan karakter Islami. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakter siswa di SMP Muhammadiyah Plus Gunungpring sudah sesuai dengan adanya perilaku yang mereka tunjukkan selama di sekolah yaitu setiap bertemu dengan guru, teman, orang yang lebih tua mereka menunjukkan dengan senyum, sapa, salam, sopan dan santun, strategi yang dilakukan guru PAI dalam mewujudkan karakter Islami pada siswa memberikan nasihat dan motivasi, keteladanan, pembiasaan, penyampaian pembelajaran dengan metode ceramah dan pemberian hukuman yang mendidik bagi peserta didik yang melanggar peraturan, untuk problematikanya itu sendiri ada faktor internal dan eksternal dan untuk solusi permasaalahan tentunya ada peranan guru dengan menasehati siswa, juga ada dorongan dari orang tua siswa yang mendukung

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Imron, S.Ag., MA dan Afga Sidiq Rifai, M.Pd.I
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 06 Jun 2024 06:53
Last Modified: 06 Jun 2024 06:53
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4293

Actions (login required)

View Item View Item