Suherman, Suherman (2023) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN PENDIDIKAN DI SD MUHAMMADIYAH INOVATIF MERTOYUDAN. Other thesis, Skripsi ,Universitas Muhammadiyah Magelang.
PDF (Skripsi)
19.0401.0019_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (446kB) |
|
PDF (Skripsi)
19.0401.0019_COVER_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (265kB) |
|
PDF (Skripsi)
19.0401.0019_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
PDF (Skripsi)
19.0401.0019_FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
PDF (Skripsi)
19.0401.0019_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY.pdf - Published Version Download (163kB) |
Abstract
Peningkatan mutu pelayanan sekolah pada hakikatnya merupakan suatu strategi untuk memperbaiki mutu pendidikan dengan jalan pemberian kewenangan dan tanggung jawab pengambilan keputusan kepala sekolah dengan melibatkan partisipasi individual, baik personal sekolah maupun anggota masyarakat yang ada di sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mutu pelayanan pendidikan di SD Muhammadiyah Inovatif Mertoyudan, untuk mengetahui peran kepala sekolah dalam peningkatan mutu pelayanan sekolah di SD Muhammadiyah Inovatif Mertoyudan, untuk mengetahui problematika dan solusi dalam peningkatan mutu pelayanan pendidikan SD Muhammadiyah Inovatif Mertoyudan. Jenis penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kualitatif, dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam mewujudkan mutu pelayanan pendidikan telah mencapai 5 indikator yang ada mutu pelayanan pendidikan yaitu: 1) Tangible atau bukti langsung sekolah memberikan sarana dan prasarana yang terbaik sesuai dengan kebutuhan, 2) Reliability atau kehandalan melalui motivasi yang diadakan di sekolah untuk tenaga pendidik, 3) Responsiveness atau ketanggapan tenaga kependidikan diwajibkan tanggap terhadap peserta didik yang mengalami kesulitan dalam belajar kemudian sekolah juga memberikan wadah untuk menyampaikan kritik dan masukan kepada sekolah dan akan ditindaklanjuti dievaluasi bersama, 4) Assurance atau jaminan sekolah memberikan pelayanan prima terbuka transparansi data dalam bentuk apapun hal ini difasilitasi dengan aplikasi my inova, 5) Empati atau empatik orang tua yang terkendala dengan biaya sekolah anaknya, maka pihak akan memberikan keringanan dan memahami akan semua itu membantu dan memberikan solusi yang ada. Kemudian dapat ditarik kesimpulan bahwa SD Muhammadiyah Inovatif Mertoyudan bermutu dalam aspek pelayanan pendidikan di sekolahnya, semua itu tidak lepas dari kerjasama semua elemen tenaga pendidikan yang ada di sekolah
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Imron, S.Ag., MA dan Afga Sidiq Rifai, M.Pd.I |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 06:52 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 06:52 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4291 |
Actions (login required)
View Item |