Adirian, Dinar Arsa Era (2023) PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER ISLAMIC STUDY CLUB DI SMP NEGERI 8 KOTA MAGELANG. Other thesis, Skripsi ,Universitas Muhammadiyah Magelang.
PDF (Skripsi)
19.0401.0012_COVER_BAB I_BAB V - Dinar Arsa.pdf - Published Version Download (429kB) |
|
PDF (Skripsi)
19.0401.0012_COVER_BAB IV - Dinar Arsa.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (200kB) |
|
PDF (Skripsi)
19.0401.0012_COVER_LAMPIRAN - Dinar Arsa.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (716kB) |
|
PDF (Skripsi)
19.0401.0012_FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
PDF (Skripsi)
19.0401.0012_COVER_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY - Dinar Arsa.pdf - Published Version Download (68kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena menurunnya karakter siswa di sekolah disebabkan kurangnya kesadaran siswa terkait dengan pengembangan karakter. Pendidikan memiliki peran penting dalam membentuk karakter pada siswa. Pendidikan dapat dilakukan di luar jam pembelajaran yaitu dengan melalui kegiatan ekstrakurikuler Islamic Study Club. Kegiatan Islamic Study Club dapat memberikan pembinaan keagamaan yang berorientasi pada pengembangan karakter siswa. Salah satunya adalah SMP Negeri 8 Kota Magelang dapat membentuk siswa dalam mengembangkan karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler Islamic Study Club diharapkan dapat mengembangkan skill dan karakter siswa di SMP Negeri 8 Kota Magelang. Tujuan penelitian (1) mendeskripsikan proses pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Islamic Study Club dalam mengembangkan karakter siswa di SMP Negeri 8 Kota Magelang (2) mendeskripsikan dampak kegiatan ekstrakurikuler Islamic Study Club dalam mengembangkan karakter siswa di SMP Negeri 8 Kota Magelang dan (3) mendeskripsikan hambatan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Islamic Study Club dalam mengembangkan karakter siswa di SMP Negeri 8 Kota Magelang. Untuk mencapai penelitian tersebut, penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian (1) pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Islamic Study Club dilaksanakan di luar jam pembelajaran ada beberapa program yakni kegiatan harian dan mingguan dan bulanan seperti pembinaan baca Al-Qur’an, sholat dan khitobah untuk kegiatan mingguan ada tilawah dan amal jum’ah untuk kegiatan bulanan ada rebana. Kegiatan Islamic Study Club dilaksanakan untuk mewadahi siswa supaya bisa memahami, menghayati serta mengamalkan ajaran Islam dalam kehidupan. (2) Dampak pelaksanaan dalam mengembangkan karakter memberikan dampak yang positif diantaranya adanya peningkatan karakter siswa lebih istiqomah dalam hal ibadah dan tilawah baca Al-Qur’an, memiliki sikap jujur, disiplin, bermanfaat bagi orang lain dalam kegiatan Jum’at amal, memiliki sikap rendah hati (3) Hambatan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Islamic Study Club dalam mengembangkan karakter siswa yaitu kurangnya partisipasi siswa ketika berkumpul dalam suatu kegiatan.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. M. Tohirin, M.Ag dan Akhmad Baihaqi, M.Pd.I |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 06:50 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 06:50 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4287 |
Actions (login required)
View Item |