Laila, Amanda Nuzul (2023) PENGARUH KONSEP DIRI TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAGELANG. Other thesis, Skripsi ,Universitas Muhammadiyah Magelang.
PDF (Skripsi)
18.0401.0021_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA - amanda nuzullaila.pdf - Published Version Download (629kB) |
|
PDF (Skripsi)
18.0401.0021_COVER_BAB IV - amanda nuzullaila.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (179kB) |
|
PDF (Skripsi)
18.0401.0021_COVER_LAMPIRAN - amanda nuzullaila.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
PDF (Skripsi)
18.0401.0021_FULLTEXT - amanda nuzullaila.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
PDF (Skripsi)
18.0401.0021_COVER_UNGGAH REPOSITORY - amanda nuzullaila.pdf - Published Version Download (80kB) |
Abstract
Pengamatan terhadap minat menjadi guru menunjukkan adanya indikasi kepemilikan konsep diri yang rendah. Pada kenyataannya tidak semua lulusan keguruan bekerja sesuai dengan bidangnya, melainkan bekerja pada bidang lain. Terlihat bahwa konsep diri merupakan hal penting dalam proses pembentukan diri, baik dalam hal kemampuan, karir, bidang akademik, dan bidang lainnya. Penelitin ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan pada variabel konsep diri terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Magelang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa reguler Program Studi Pendidikan Agama Islam dari angkatan 2018 sampai 2021 yang berjumlah 169 mahasiswa dengan sampel penelitian berjumlah 85 mahasiswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik stratified random sampling. Instrumen pengumpulan data menggunakan analisis dokumen dan angket yang masing-masing sudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa konsep diri mahasiswa Pendidikan Agama Islam termasuk dalam kategori cukup baik sebesar 37,8%, minat menjadi guru tergolong cukup baik sebesar 48,2%. Berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa konsep diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi guru sebesar 28,7% (R = 0,535, F = 33,359, Sig < 0,05) dan sisanya 71,3% dipengaruhi oleh faktor lain. Salah satu faktor lain yang mempengaruhi minat menjadi guru yaitu adanya pengaruh kepercayaan diri yang terdapat pada diri seseorang
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Tohirin, M.Ag. dan Subur, S.Pd.I., M.S.I |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 06:50 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 06:50 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4284 |
Actions (login required)
View Item |