Ayuningtyas, Pradinia Albama Anggun (2023) PERAN GURU TAHFIDZ DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN DI SMPIT IHSANUL FIKRI KOTA MAGELANG. Other thesis, Skripsi ,Universitas Muhammadiyah Magelang.
PDF (Skripsi)
18.0401.0005_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA - amanda nuzullaila.pdf - Published Version Download (486kB) |
|
PDF (Skripsi)
18.0401.0005_COVER_BAB IV - amanda nuzullaila.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (293kB) |
|
PDF (Skripsi)
18.0401.0005_COVER_LAMPIRAN - amanda nuzullaila.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
PDF (Skripsi)
18.0401.0005_FULLTEXT - amanda nuzullaila.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
PDF (Skripsi)
18.0401.0005_COVER_UNGGAH REPOSITORY - amanda nuzullaila.pdf - Published Version Download (287kB) |
Abstract
Menghafal Al-Qur'an bukanlah hal yang mudah, peran pendidikan sangat penting dalam menunjang berbagai program yang berkaitan dengan menghafal Al-Qur'an. Dalam menghafal Al-Qur’an seorang guru juga harus membimbing para siswanya agar menumbuhkan rasa ikhlas dan tawakal. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peran guru dalam menjalankan proses pembelajaran Tahfidz di SMPIT Ihsanul Fikri Kota Magelang, (2) memahami metode pembelajaran apa yang cocok untuk diterapkan pada pembelajaran Tahfidz, (3) mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam pembelajaran Tahfidz di SMPIT Ihsanul Fikri Kota Magelang. Jenis penelitian adalah penelitian lapangan menggunakan metode kualitatif deskriptif, metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan melalui triangulasi sumber data dan triangulasi teknik. Subjek dalam penelitian ini adalah 7 guru Tahfidz, 13 siswa kelas VII, 9 siswa kelas VIII, dan 13 siswa kelas IX. Objek penelitian ini adalah kegiatan pembelajaran Tahfidz yang berjalan di SMPIT Ihsanul Fikri Kota Magelang. Hasil penelitian; (1) Peran guru dalam pembelajaran diantaranya yaitu: guru sebagai pendukung, motivator, pembimbing hafalan, pemimpin, dan model pembelajaran. (2) Metode yang digunakan dalam pembelajaran yaitu metode Ummi. (3) Faktor pendukung dalam pembelajaran Tahfidz yaitu; kecerdasan setiap anak yang berbeda, motivasi yang diberikan, metode pembelajaran, dan faktor penghambat dalam pembelajaran Tahfidz yaitu; penguasaan tajwid dan makhorijul huruf, kurang bersungguh-sungguh, berganti- ganti mushaf Al-Qur'an, dan kelelahan saat menghafal
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Tohirin, M.Ag. dan Subur, S.Pd.I., M.S.I, |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 06:49 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 06:49 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4283 |
Actions (login required)
View Item |