PENGARUH MEDIA PAPAN TELUR TERHADAP KEMAMPUAN PENGENALAN KONSEP LAMBANG BILANGAN

Pramudyasti, Sefti (2017) PENGARUH MEDIA PAPAN TELUR TERHADAP KEMAMPUAN PENGENALAN KONSEP LAMBANG BILANGAN. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0304.0003 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (591kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
12.0304.0003 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0304.0003 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (546kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0304.0003 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media papan telur terhadap konsep lambang bilangan pada siswa Taman Kanak-Kanak Pendowo Kabupaten Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dalam Penelitian eksperimen ini dimulai dari kondisi awal siswa berdasarkan hasil observasi yang diketahui peneliti berupa pengamatan terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan pada siswa Taman Kanak-kanak Pendowo Bragolan Tahun Pelajaran 2016/2017. Subyek peneliti adalah Kelompok A pada Taman Kanak-Kanak Pendowo Kabupaten Purworejo dengan jumlah 15 anak. Lokasi ini dipilih karena lokasi penelitian ini relevan dengan kondisi masalah yang ada di lapangan bahwa masih ditemukan beberapa siswa dalam kemampuan pengenalan konsep lambang bilangan masih rendah. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lembar pengukuran awal kemampuan pengenalan konsep lambang bilangan subyek peneliti masih mendapatkan nilai rendah. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya subyek yang mendapatkan nilai 1, artinya kemampuan pengenalan lambang bilangan subyek peneliti belum berkembang. Jumlah nilai tertinggi dalam pengukuran awal kemampuan pengenalan konsep lambang bilangan mencapai 16, sedangkan nilai yang terendah yang diperoleh adalah 11 sehingga diperoleh nilai mean sebanyak 13,87. Setelah kegiatan bermain papan telur dilaksanakan sebanyak 8 kali, peneliti melakukan pengukuran akhir kemampuan pengenalan konsep lambang bilangan. Berdasarkan data yang diperoleh dari pengukuran akhir rata-rata subyek peneliti mendapatkan nilai 3 yang artinya muncul/berkembang sesuai harapan. Nilai tertinggi pengukuran akhir kemampuan pengenalan lambang bilangan 29, sedangkan nilai terendah diperoleh 21 sehingga diperoleh nilai mean sebanyak 23,87. Sehingga dalam hipotesis bahwa media papan telur berpengaruh terhadap kemampuan pengenalan konsep lambang bilangan terbukti kebenarannya.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dra. Lilis Madyawati, M.Si, (0007096412) dan Hermahayu, S.Psi.,M.Si,(0611098203)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pengenalan Konsep Lambang Bilangan, Papan Telur
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 19 Aug 2019 03:13
Last Modified: 19 Aug 2019 03:13
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/427

Actions (login required)

View Item View Item