Pramudyasti, Sefti (2017) PENGARUH MEDIA PAPAN TELUR TERHADAP KEMAMPUAN PENGENALAN KONSEP LAMBANG BILANGAN. S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0304.0003 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (591kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
12.0304.0003 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
12.0304.0003 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (546kB)
[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0304.0003 _ FULLTEXT.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media papan telur
terhadap konsep lambang bilangan pada siswa Taman Kanak-Kanak Pendowo
Kabupaten Purworejo.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dalam Penelitian eksperimen
ini dimulai dari kondisi awal siswa berdasarkan hasil observasi yang diketahui peneliti
berupa pengamatan terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan pada siswa
Taman Kanak-kanak Pendowo Bragolan Tahun Pelajaran 2016/2017. Subyek peneliti
adalah Kelompok A pada Taman Kanak-Kanak Pendowo Kabupaten Purworejo
dengan jumlah 15 anak. Lokasi ini dipilih karena lokasi penelitian ini relevan dengan
kondisi masalah yang ada di lapangan bahwa masih ditemukan beberapa siswa dalam
kemampuan pengenalan konsep lambang bilangan masih rendah.
Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
Lembar pengukuran awal kemampuan pengenalan konsep lambang bilangan subyek
peneliti masih mendapatkan nilai rendah. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya
subyek yang mendapatkan nilai 1, artinya kemampuan pengenalan lambang bilangan
subyek peneliti belum berkembang. Jumlah nilai tertinggi dalam pengukuran awal
kemampuan pengenalan konsep lambang bilangan mencapai 16, sedangkan nilai yang
terendah yang diperoleh adalah 11 sehingga diperoleh nilai mean sebanyak 13,87.
Setelah kegiatan bermain papan telur dilaksanakan sebanyak 8 kali, peneliti
melakukan pengukuran akhir kemampuan pengenalan konsep lambang bilangan.
Berdasarkan data yang diperoleh dari pengukuran akhir rata-rata subyek peneliti
mendapatkan nilai 3 yang artinya muncul/berkembang sesuai harapan. Nilai tertinggi
pengukuran akhir kemampuan pengenalan lambang bilangan 29, sedangkan nilai
terendah diperoleh 21 sehingga diperoleh nilai mean sebanyak 23,87. Sehingga dalam
hipotesis bahwa media papan telur berpengaruh terhadap kemampuan pengenalan
konsep lambang bilangan terbukti kebenarannya.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Dra. Lilis Madyawati, M.Si, (0007096412) dan Hermahayu, S.Psi.,M.Si,(0611098203)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pengenalan Konsep Lambang Bilangan, Papan Telur
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S-1)
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 19 Aug 2019 03:13
Last Modified: 30 Jan 2025 03:43
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/427

Actions (login required)

View Item View Item