PENGARUH PELATIHAN GURU BERKARAKTER TERHADAP KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Nazilah, Durrotun (2017) PENGARUH PELATIHAN GURU BERKARAKTER TERHADAP KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
11.0304.0041 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (604kB) | Preview
[img] PDF (0620078601)
11.0304.0041 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy
[img] PDF (0620078601)
11.0304.0041 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (0620078601)
11.0304.0041 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan guru berkarakter terhadap kompetensi kepribadian guru pendidikan anak usia dini di kelompok kerja guru Pendidikan Anak Usia Dini Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang . Penelitian dilakukan dengan menggunakan quasi experimental design. Subjek penelitian ini adalah guru pendidikan anak usia dini Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang dengan jumlah sampel 40. Populasi penelitian adalah guruguru yang bernaung dalam Himpunan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Kecamatan Borobudur. Teknik sampling untuk pengambilan sampel menggunakan metode aksidental. Adapun metode pengumpulan data dilakukan dengan angket. Untuk uji instrumen penelitian menggunakan uji validitas isi, professional judgment, dan uji reabilitas, kemudian dilakukan uji prasyarat analisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Sebelum diuji validitas, terdapat 44 item kuesioner dan setelah uji validitas menjadi 34 kuesioner. Analisis hipotesis data dengan uji wilcoxon dengan bantuan program SPSS for Windows versi 22.0. Hasil penelitian berdasarkan pada perhitungan statistik dengan bantuan program SPSS for Windows versi 22.0 menggunakan taraf signifikan 5%, dapat diketahui bahwa nilai signifikansi < 0,05 , yaitu 0,000 < 0,05. Nilai Z = -5,515, Asymp. Sig (2-tailed) = 0,000 < α = 0,005, maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya adanya perbedaan kompetensi kepribadian guru setelah mengikuti pelatihan guru berkarakter. Kompetensi kepribadian

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Purwati, M.S.,Kons (0002086001) dan Nur Rahmah, S.Pd (0621108302)
Uncontrolled Keywords: Pelatihan Guru Berkarakter, Kompetensi Kepribadian Guru
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 19 Aug 2019 02:56
Last Modified: 19 Aug 2019 02:56
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/422

Actions (login required)

View Item View Item