MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK MELALUI PERMAINAN KARTU HURUF SANDPAPER (Penelitian pada Kelompok B TK Mardisiwi Madureso Temanggung Kecamatan Temanggung Kabupaten Temanggung)

Novitasari, Elsa (2017) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK MELALUI PERMAINAN KARTU HURUF SANDPAPER (Penelitian pada Kelompok B TK Mardisiwi Madureso Temanggung Kecamatan Temanggung Kabupaten Temanggung). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
11.0304.0034_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (601kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
11.0304.0034_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
11.0304.0034_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (589kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
11.0304.0034_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan anak melalui permainan kartu huruf sandpaper. Penelitian ini merupakan penlitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama tiga siklus, dimana setiap siklus terdiri dari empat langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelompok B pada Taman Kanak-kanak Mardisiwi Madureso Temanggung yang berjumlah 4 anak.Variabel yang digunakan meliputi variable input Kemampuan membaca permulaan anak yang masih renda, variabel proses permainan kartu huruf sandpaper, dan variable output kemampuan membaca permulaan kemampuan membaca permulaan meningkat. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan ialah lembar observasi dan panduan wawancara. Teknik analisis data yag digunakan dalam penelitian tindakan ini yaitu teknik analisis data deskriptif dan persentase. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa permainan kartu huruf sandpaper efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan baik, setelah dilakukan 3 kali siklus dengan permainan kartu huruf sandpaper meningkat dan persentase keberhasilan mencapai 80% (<75%). Kemampuan membaca permulaan terlihat dari kemampuan siswa dalam bermain dengan kartu huruf sandpaper secara mandiri dan dapat menyusun potongan suku kata pada setiap kartu huruf dengan tepat.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dra. Indiati, M.Pd (0028036001) dan Nur Rahmah, S.Pd (0621108302)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca Permulaan, Permainan Kartu Huruf Sandpaper
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 19 Aug 2019 02:55
Last Modified: 19 Aug 2019 02:55
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/420

Actions (login required)

View Item View Item