PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGKLASIFIKASIKAN BENTUK DAN UKURAN MELALUI PERMAINAN BALOK (Penelitian Pada Anak Taman Kanak-kanak Tunas Ilmu Guntur Kecamatan Bener Kabupaten Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017)

Setyowati, Woro (2017) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGKLASIFIKASIKAN BENTUK DAN UKURAN MELALUI PERMAINAN BALOK (Penelitian Pada Anak Taman Kanak-kanak Tunas Ilmu Guntur Kecamatan Bener Kabupaten Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
10.0304.0127 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (709kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
10.0304.0127 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
10.0304.0127 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
10.0304.0127 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menguji kemampuan mengklasifikasi bentuk dan ukuran melalui permainan balok pada Taman Kanak-kanak Tunas Ilmu Guntur pada kelompok B usia 5-6 tahun. Penelitian dilakukan dengan Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari lima subyek penelitian adalah siswa kelompok B Taman Kanak-kanak Tunas Ilmu Guntur Kecamatan Bener Kabupaten Purworejo. Dengan subyek penelitian 5 anak. Penelitian ini dengan permainan balok yang dimasukan dalam kegiatan. Penelitian ini menggunakan tiga variabel yaitu variabel input, variabel proses, variabel output. Adapun pengumpulan data menggunakan Observasi dan Wawancara yaitu dengan menggunakan dan mengkoordinasikan data hasil penelitian yang diperoleh penelitian dengan kriteria keberhasilan telah ditetapkan. Indikator keberhasilan yang ditetapkan dari 5 anak adanya peningkatan kemampuan mengklasifikasikan bentuk dan ukuran melalui permainan balok sebesar 60% atau lebih. Analisis data pada penelitian ini menggunakan data deskriptif dengan analisis refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah kemampuan mengklasifikasikan bentuk dan ukuran benda dapat ditingkatkan melalui permainan balok. Dengan menunjukkan adanya perubahan peningkatan kemampuan mengklasifiaksikan bentuk dan ukuran benda melalui permainan balok. Hal ini terbukti dengan adanya hasil perubahan pada setiap siklusnya adapun hasil pencapaian kemampuan mengklasifikasikan bentuk dan ukuran bneda subyek 1 semula 44,44% menjadi 77,77%, subyek 2 semula 38,88% menjadi 72,77%, subyek 3 semula 41,66% menjadi 75%, subyek 4 semula 38,88% menjadi 72,77%, subyek 5 semula 38,88% menjadi 75%.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dra Lilis Madyawati, M.Si, (0007096412) dan Nur Rahmah, S.Pd, (0621108302)
Uncontrolled Keywords: Permainan Balok, Kemampuan Mengklasifiaksikan bentuk dan ukuran
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 19 Aug 2019 02:48
Last Modified: 19 Aug 2019 02:48
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/417

Actions (login required)

View Item View Item