STRES DALAM ONLINE GAMING: STUDI KASUS PADA PEMAIN GAME ONLINE PROFESIONAL

Saputra, Anas Adha (2023) STRES DALAM ONLINE GAMING: STUDI KASUS PADA PEMAIN GAME ONLINE PROFESIONAL. Other thesis, Skripsi ,Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img] PDF (Skripsi)
19.0801.0018_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA - Anas Adha Saputra (Anas Jr).pdf - Published Version

Download (463kB)
[img] PDF (Skripsi)
File 2 Revisi_19.0801.0018_COVER_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (430kB)
[img] PDF (Skripsi)
19.0801.0018_COVER_LAMPIRAN - Anas Adha Saputra (Anas Jr).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF (Skripsi)
File 6 Revisi_19.0801.0018_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] PDF (Skripsi)
19.0801.0018_COVER_UNGGAH REPOSITORY - Anas Adha Saputra (Anas Jr).pdf - Published Version

Download (245kB)

Abstract

Dengan naiknya popularitas e-sport, konten kreator, dan streaming, muncul tekanan dan tantangan signifikan bagi pemain game profesional. Penelitian ini bertujuan menggambarkan stres yang dihadapi oleh pemain game online profesional di Magelang. Metode studi kasus digunakan, fokus pada tiga tipe pemain: atlet e-sport, konten kreator, dan streamer. Data dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur, observasi, dan materi audio-visual kualitatif. Data dianalisis dengan analisis data Miles & Huberman, meliputi penyajian data, reduksi data, verifikasi data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan dua tema utama: stresor dan dampaknya, serta satu tema tambahhan tentang coping stres. Stressor melibatkan faktor internal pemain seperti kondisi mental, interaksi dengan rekan tim dan lawan, serta perbandingan kemampuan. Tuntutan profesi seperti pelatihan, kontrak, dan persiapan konten juga menciptakan stres. Dampaknya meliputi fisik, kognitif, emosional, dan perilaku. Validitas data ditegaskan dengan teknik triangulasi, membandingkan data dari berbagai sumber dan waktu yang berbeda. Hasi menunjukkan stres umum di kalangan pemain game online profesional. Mereka menghadapi kesulitan mengatur waktu, menangani tuntutan profesi, dan mengatasi masalah teknis. Meskipun coping dilakukan, perilaku negatif seperti kemarahan teramati. Penelitian ini memberikan wawasan tentang stres pemain game onlin profesional dan tantangan karir mereka. Keterbatasan meliputi jumlah narasumber, representativitas, dan pengumpulan data online. Penelitian mendatang perlu variasi narasumber yang lebih luas dan strategi pengumpulan data yang lebih baik.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Ibu Aftina Nurul Husna
Uncontrolled Keywords: Stres, pemain game online profesional, stresor, strain.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 04 Jun 2024 03:58
Last Modified: 04 Jun 2024 03:58
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4169

Actions (login required)

View Item View Item