KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI SALAMAN 2 (Penelitian Studi Kasus pada Siswa Kelas IV SD Negeri Salaman 2) Tahun Ajaran 2015/2016

Purwa, Walison Adi (2017) KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI SALAMAN 2 (Penelitian Studi Kasus pada Siswa Kelas IV SD Negeri Salaman 2) Tahun Ajaran 2015/2016. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0305.092_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (554kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.092_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (358kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.092_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (698kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.092_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kedisiplinan belajar siswa kelas IV SD Negeri Salaman 2. Proses penelitian dilakukan selama kurang lebih 2 minggu. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan observasi langsung di SD Negeri Salaman 2, kemudian melakukan wawancara dan dokumentasi untuk memperoleh data yang akurat serta obyektif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang menghasilkan data terhadap fenomena sosial tertentu yang berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang dapat diamati tanpa membuat perbandingan atau menghubungkan dengan variabel yang lain. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dimana terdapat satu variabel di dalamnya yaitu variabel bebas (pengaruh) adalah kedisiplinan belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data digunakan uji kredibilitas dengan triangulasi metode. Subyek penelitian siswa kelas IV SD Negeri Salaman 2 yang berjumlah 6 siswa. Data yang dikumpulkan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi pelanggaran yang berkaitan dengan kedisiplinan belajar siswa kelas IV di SD Negeri Salaman 2 yang terdiri dari tiga aspek yaitu aspek pelanggaran atas kewajiban siswa selama mengikuti pelajaran, aspek pelanggaran atas larangan siswa selama mengikuti pelajaran dan aspek pelanggaran cara berpakaian. Upaya yang dilaksanakan untuk menanamkan sikap kedisiplinan belajar siswa yaitu memberikan penyuluhan, membuat tata tertib kelas, melaksanakan peraturan kelas, memberikan hukuman, memberikan penghargaan, dan konsisten. Kendala yang dihadapi guru dalam penanaman kedisplinan belajar siswa yaitu siswa cenderung mengkuti aturan yang berlaku apabila ditegur, kurangnya kesadaran diri siswa akan pentingnya disiplin belajar, siswa belum bisa terfokus, dan kurangnya sikap keteladanan guru dalam ketepatan datang ke sekolah. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi berbagai kendala dalam membangun disiplin belajar siswa yaitu memberikan pembinaan kepada siswa yang bermasalah dengan kedisiplinan, komunikasi antar warga sekolah, dan musyawarah dalam kegiatan ESI (Evaluasi Sharing dan Informasi).

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Purwati, M.S.,Kons. (0002086001) dan Septiyati Purwandari, M.P.d.(0601098303)
Uncontrolled Keywords: Disiplin Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Sulistya KIM
Date Deposited: 25 Jul 2019 01:38
Last Modified: 25 Jul 2019 01:38
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/410

Actions (login required)

View Item View Item