PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG PELAYANAN APOTEK KOMUNITAS DI KECAMATAN CANDIROTO PASCA PANDEMI COVID-19

Anggita, Shelvia Lharas (2023) PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG PELAYANAN APOTEK KOMUNITAS DI KECAMATAN CANDIROTO PASCA PANDEMI COVID-19. Other thesis, Skripsi ,Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img] PDF (Skripsi)
19.0605.0023_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA - savara salsabila.pdf - Published Version

Download (439kB)
[img] PDF (Skripsi)
19.0605.0023_COVER_BAB IV - savara salsabila.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (317kB)
[img] PDF (Skripsi)
19.0605.0023_COVER_LAMPIRAN - savara salsabila.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (387kB)
[img] PDF (Skripsi)
19.0605.0023_FULLTEXT - savara salsabila.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (Skripsi)
19.0605.0023_COVER_BPERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY - savara salsabila.pdf - Published Version

Download (243kB)

Abstract

Latar Belakang: Tuntutan pasien dan masyarakat akan peningkatan mutu pelayanan kefarmasian, telah menyebabkan bergesernya orientasi dan perluasan paradigma lama yang berorientasi pada produk (drug oriented) menjadi paradigma baru yang berorientasi pada pasien (patient oriented). Perubahan paradigma menyebabkan peran dari apoteker sangat penting dalam pelayanan kesehatan masyarakat sehingga menimbulkan berbagai persepsi dari masyarakat. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat tentang pelayanan kefarmasian apotek komunitas di Kecamatan Candiroto pasca pandemi COVID-19. Metode: Penelitian bersifat analisis deskriptif kuantitatif menggunakan desain cross-sectional. Teknik pengambilan sampel yaitu metode survey prospektif menggunakan kuesioner Platform Google Form yang melibatkan 255 responden. Hasil: Secara keseluruhan persepsi masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan apotek komunitas di Kecamatan Candiroto beranggapan positif yaitu apoteker memiliki pengetahuan yang baik terkait obat dibandingkan tenaga kesehatan yang lain, karena tenaga kefarmasian mampu menjawab pertanyaan terkait obat yang dibutuhkan oleh pasien. Masyarakat Kecamatan Candiroto memiliki harapan terhadap tenaga kefarmasian memberikan konseling pengobatan secara menyeluruh. Hambatan masyarakat tentang praktik tenaga kefarmasian di Kecamatan Candiroto pada apotek komunitas berubah menjadi titik bisnis. Peran tenaga kefarmasian apotek komunitas di Kecamatan Candiroto adalah pemberian infomasi obat (D1). Pelayanan kefarmasian tenaga kefarmasian saat pandemi COVID-19 di apotek komunitas Kecamatan Candiroto mengalami perubahan dan harus mengacu pada pedoman SOP tertentu. Kesimpulan: Secara keseluruhan persepsi masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan apotek komunitas di Kecamatan Candiroto beranggapan positif yaitu apoteker memiliki pengetahuan yang baik terkait obat dibandingkan tenaga kesehatan yang lain, karena tenaga kefarmasian mampu menjawab pertanyaan terkait obat yang dibutuhkan oleh pasien.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. apt. Prasojo Pribadi, M.Sc dan apt. Fitriana Yuliastuti, S.Farm., M.Sc
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Pelayanan, Apotek Komunitas, Pasca Pandemi COVID-19
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 04 Jun 2024 03:19
Last Modified: 04 Jun 2024 03:19
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/4095

Actions (login required)

View Item View Item