PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn (Penelitian Pada Siswa Kelas IV SD N Jambu Kecamatan Tempuran Kabupaten Magelang)

Widyastuti, Resti Apriliya (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn (Penelitian Pada Siswa Kelas IV SD N Jambu Kecamatan Tempuran Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0305.0088 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (656kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0088 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (258kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0088 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0088 _ FULLTETX.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model Two Stay Two Stray terhadap peningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Desain penelitian dalam penelitian ini mengunakan Non random Control Grup Prestest-Postest Design (eksperimen murni) dengan menggunakan dua sampel kelas yang digunakan untuk penelitian. Subyek penelitian yang diambil dalam penelitian adalah sebanyak 48 siswa kelas IV yang mempunyai hasil belajar yang masih berubah-ubah dan masih rendah. Variabel yang diteliti ada 2 yaitu variabel input berupa pemberian pembelajaran dengan model Two Stay Two Stray, dan variabel output berupa perubahan nilai yang ditandai dengan meningkatnya hasil belajar. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan memberikan pretest sebelum pemberian treatment dan postest setelah pemberian treatment dan observasi. Hasil yang diperoleh dengan menerapkan Two Stay Two Stray kepada siswa setelah diberikan tindakan adalah meningkatnya hasil belajar PKn pada siswa kelas IV. Hasil penelitian menunjukkan nilai terendah sebelum dilakukan perlakuan menggunakan Two Stay Two Stray adalah 30 dan nilai tertinggi sebesar 77 diperoleh nilai mean dari keseluruhan siswa kelas IV sebesar 50,50 dan nilai terendah setelah dilakukan perlakuan diperoleh nilai mean dari keseluruhan siswa kelas IV adalah 67 dan nilai tertinggi sebesar 80. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh maka Two Stay Two Stray berpengaruh terhadap peningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IV di SD Negeri Jambu tahun pelajaran 2015/2016.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dra. Indiati, M. Pd. (0028036001) dan Ela Minchah L,A. M.Psi.Psi. (0606018701)
Uncontrolled Keywords: Two Stay Two Stray, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 25 Jul 2019 01:38
Last Modified: 25 Jul 2019 01:38
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/409

Actions (login required)

View Item View Item