Pengaruh Strategi Crossword Puzzle Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS (Penelitian Pada Siswa Kelas V SD Negeri Kemirirejo I Kota Magelang)

FAHRUDIN, IMAM (2017) Pengaruh Strategi Crossword Puzzle Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS (Penelitian Pada Siswa Kelas V SD Negeri Kemirirejo I Kota Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0305.0081_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (743kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0081_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (423kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0081_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0081_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi CrossWord Puzzle terhadap peningkatan hasil belajar mata pelajaran IPS. Design penelitian yang digunakan adalah one group pre test – post test design. Dengan menggunakan sample kelas yang digunakan untuk penelitian. Subjek pemnelitian yang diambil adalah 32 siswa kelas V SD Negeri Kemirirejo 1 Kota Magelang yang mendapat perlakuan berupa Strategi Crossword Puzzle. Ada dua variabel yang digunakan yaitu variable bebas yang berupa strategi crossword puzzle dan variable terikat yang berupa hasil belajar. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Metode analisis data menggunakan uji statistik parametik dengan bantun program komputer software SPSS 22 For Windows yaitu paired sample t-test Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan strategi crossword puzzle berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri Kemirirejo 1 Kota Magelang tahun pelajaran 2016/2017. Hal tersebut terbukti dengan meningkatnya rata-rata hasil pretest dan posttest. Pretest sebelum perlakuan adalah 68,43, sedangkan posttest sesudah diberi perlakuan adalah 83,76. Peningkatan rata-rata pretest dan posttest adalah 15,33.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Purwati, M.Si, Kons (0002086001) dan Dhuta Sukmarani,M.Si (0609088701)
Uncontrolled Keywords: Crossword Puzzle, hasil belajar, IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 25 Jul 2019 01:37
Last Modified: 25 Jul 2019 01:37
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/407

Actions (login required)

View Item View Item