Pranasila, Suci Tunggadewi (2017) HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DAN KECEMASAN MENGHADAPI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian pada Siswa Kelas IV dan V SD Negeri Magersari 3, Kecamatan Magelang Selatan, Kota Magelang Tahun Ajaran 2015/2016). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
12.0305.0068_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (710kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
12.0305.0068_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (569kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
12.0305.0068_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
12.0305.0068_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini mempunyai tujuan yaitu: (1) mengetahui hubungan antara konsep diri dengan prestasi belajar matematika, (2) mengetahui hubungan antara kecemasan menghadapi pembelajaran matematika dengan prestasi belajar matematika, (3) mengetahui hubungan antara konsep diri dan kecemasan menghadapi pembelajaran matematika dengan prestasi belajar matematika Penelitian ini adalah penelitian korelasi yang dilakukan pada Siswa Kelas IV dan V SD Negeri Magersari 3, Kecamatan Magelang Selatan,Kota MagelangTahun Ajaran 2015/2016. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV dan V yang berjumlah 41 siswa, diambil dengan menggunakan teknik total sampling.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket atau kuesioner dan tes. Uji prasyarat analisis berupa ujinormalitas, uji linearitas, dan uji multikolinieritas.Teknik analisisdata yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi parsial, analisisregresi linier sederhana dan analisis regresi linier ganda dengan taraf signifikansi sebesar 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang positif antara konsep diri dengan prestasi belajar matematika yangditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi parsial sebesar 0,502 dan ..< 0,05.(2) terdapat hubungan yang negatif antara kecemasan menghadapipembelajaran matematika dengan prestasi belajar matematika yang ditunjukkandengan nilai koefisien korelasi parsial sebesar .0,343 dan ..< 0,05. (3) terdapat hubungan antara konsep diri dan kecemasan menghadapi pembelajaran matematika dengan prestasi belajar matematika yang di tunjukkandengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,661 dan ..< 0,05. Sumbangan efektifsecara bersama-sama variabel konsep diri dan kecemasan menghadapi pembelajaran matematika terhadap prestasi belajar matematika sebesar 43,7%, sedangkan 56,3% sisanya diberikan oleh variabel lain yang tidak dibahas padapenelitian ini.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Riana Mashar, M.Si.,Psi. (0614107401) dan Ari Suryawan, M.Pd.,(0618128801) |
Uncontrolled Keywords: | Konsep Diri, Kecemasan Menghadapi Pembelajaran Matematika, Prestasi Belajar Matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Sulistya KIM |
Date Deposited: | 25 Jul 2019 01:33 |
Last Modified: | 25 Jul 2019 01:33 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/404 |
Actions (login required)
View Item |