METODE PAIRS CHECK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA ( Penelitian pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Payaman 1 Secang Magelang Tahun Ajaran 2016/2017)

Astuti, Yuli (2017) METODE PAIRS CHECK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA ( Penelitian pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Payaman 1 Secang Magelang Tahun Ajaran 2016/2017). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Sripsi)
12.0305.0066_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (805kB) | Preview
[img] PDF (Sripsi)
12.0305.0066_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (419kB) | Request a copy
[img] PDF (Sripsi)
12.0305.0066_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Sripsi)
12.0305.0066_FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri Payaman 1 Secang Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2016/2017 melalui metode Pairs Check. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Payaman 1 Secang Kabupaten Magelang, dengan jumlah anak 28 siswa, yang terdiri dari 13 siswa perempuan dan 15 siswa laki-laki. Sumber data penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder. Variabel dalam penelitian yang digunakan variabel input, variabel proses dan variabel output. Metodee pengumpulan data menggunakan metode test dan metode observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Pairs Check dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Payaman 1 Secang Magelang tahun ajaran 2016/2017. Hal ini dibuktikan dari peningkatan hasil belajar siswa yaitu dari 28 siswa, hanya 7 siswa (25%) yang nilainya lebih dari KKM yang ditentukan yaitu 70. Sementara 21 siswa (75%) nilainya masih dibawah KKM atau yang tuntas meningkat hanya 25%. Pada siklus 1 tingkat ketuntasan meningkat, yang tuntas 19 siswa (68%), dan 9 siswa ( 32,1%) yang belum tuntas pada siklus II meningkat semua sebesar 100%. Dengan demikian diperoleh hasil peningkatan dalam pembelajaran IPA menggunakan metode Pairs Check

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Sugiyadi, M.Pd., Kons (0627057501) dan Dhuta Sukmarani, M.Si (0609088701)
Uncontrolled Keywords: Pairs Check, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 25 Jul 2019 01:31
Last Modified: 25 Jul 2019 01:31
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/403

Actions (login required)

View Item View Item