PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM PADA SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH MADUKORO KABUPATEN MAGELANG

MAGHFIROH, WIDAYANTI (2023) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM PADA SISWA KELAS IV MI MUHAMMADIYAH MADUKORO KABUPATEN MAGELANG. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img] PDF (Skripsi)
18.0405.0005_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_ BAB V dan Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (506kB)
[img] PDF (Skripsi)
18.0405.0005_COVER_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
18.0405.0005_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
18.0405.0005_FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
18.0405.0005_COVER_UNGGAH REPOSITORY.pdf - Published Version

Download (102kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA pada materi daur hidup hewan di kelas IV MI Muhammadiyah Madukoro Kajoran Kabupaten Magelang. Hal tersebut dikarenakan guru menggunakan model pembelajaran yang menarik sehingga siswa tidak terlibat aktif dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi daur hidup hewan dengan model pembelajaran problem based learning. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek siswa kelas IV MI Muhammadiyah Madukoro tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA. Hal ini dapat dilihat dari kegiatan siklus I yang menunjukkan persentase ketuntasan belajar peserta didik sebesar Peningkatan hasil belajar peserta didik dapat dilihat pada siklus I mengalami peningkatan sebesar 42% dengan ketuntasan belajar dari 35% menjadi 77%. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 23% dengan ketuntasan hasil belajar dari 77% menjadi 100% dengan kriteria sangat baik. Pada siklus I peserta didik yang tuntas sebanyak 13 sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 4 peserta didik. Pada siklus II semua peserta didik tuntas yaitu sebanyak 17 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada materi daur hidup hewan di MI Muhammadiyah Madukoro Kajoran Magelang.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Irham Nugroho, M.Pd.I. (NIDN 0626098802) dan Minzani Aufa, S.Pd.I, M.Pd. (NIDN 0623049101)
Uncontrolled Keywords: BASED LEARNING, HASIL BELAJAR, IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 27 Sep 2023 04:03
Last Modified: 27 Sep 2023 04:03
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/3959

Actions (login required)

View Item View Item