IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN HOME VISIT DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SD NEGERI SUTOPATI I

Noviana, Ayu (2021) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN HOME VISIT DALAM UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SD NEGERI SUTOPATI I. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img] PDF (Skripsi)
1704010059_BAB I_BAB II_BAB II_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (824kB)
[img] PDF (Skripsi)
17.0401.0059_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (447kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
17.0401.0059_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
17.0401.0059_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
17.0401.0059_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (323kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang metode pembelajaran home visit yang diterapkan sebagai salah satu alternatif pembelajaran di masa pandemi coronavirus disease (covid-19) dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa di SD Negeri Sutopati 1 dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) implementasi metode pembelajaran home visit pada era covid-19 di SD Negeri Sutopati 1, dan (2) tingkat motivasi belajar siswa kelas VI di SD Negeri Sutopati 1 pada era covid-19. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PAI dan siswa kelas VI SD Negeri Sutopati 1. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan dari metode pembelajaran home visit dilakukan melalui tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Adapun motivasi belajar siswa di masa pandemi semakin menurun dikarenakan kejenuhan siswa dalam mengikuti pembelajaran daring dengan metode ambil tugas yang monoton. Hal tersebut dibuktikan dari jumlah 28 siswa, hanya 60% siswa yang disiplin dalam mengumpulkan tugas. Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, menciptakan keakraban anatara guru dan siswa, serta menjalin komunikasi yang baik dengan orang tua. Oleh karena itu, penerapan metode home visit mampu meningkatkan motivasi belajar siswa pada masa pandemi covid-19 khususnya dalam mata pelajaran PAI.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: M. Tohirin, S.Ag., M.Ag. (NIDN 0630127101) dan Irham Nugroho M.Pd.I (NIDN 0626098802)
Uncontrolled Keywords: Home visit, Motivasi belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 27 Sep 2023 04:03
Last Modified: 27 Sep 2023 04:03
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/3957

Actions (login required)

View Item View Item