PENGARUH LAGU KEBANGSAAN TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN SISWA DALAM MATA PELAJARAN PKn ( Penelitian padaSiswa Kelas III SD N 1 Selokerto, Kab. Kebumen Tahun Ajaran 2016/2017)

Yani, Arum Wahyu Tri Hari (2017) PENGARUH LAGU KEBANGSAAN TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN SISWA DALAM MATA PELAJARAN PKn ( Penelitian padaSiswa Kelas III SD N 1 Selokerto, Kab. Kebumen Tahun Ajaran 2016/2017). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0305.0060_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0060_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (471kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0060_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0060_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media ―Lagu Kebangsaan‖ terhadap peningkatan Pengetahuan Siswa dalam Mata Pelajaran PKn siswa kelas III SD N 1 Selokerto, Kab. Kebumen Tahun ajaran 2016/2017. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yakni penelitian ekperimen murni (true), dengan desain pretes postes kelompok control tidak secara random ( Nonrandomized Control GrupPretest-Posttest Design), dengan melakukan 6 kali pertemuan, yaitu diberikan perlakuan melalui pembelajaran menggunakan media‖Lagu Kebangsaan‖. Subyek penelitian ini adalah 40 siswa yang dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Ada dua variabel yang digunakan dalam penelitian yaitu : variabel terikat yang berupa media ―Lagu Kebangsaan‖, serta variabel bebas yang berupa Pengetahuan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Purposive Sampling. Kesimpulan hasil penelitian menunjukan bahwa media”Lagu Kebangsaan” berpengaruh secara positif terhadap peningkatan Pengetahuan siswa. Berdasarkan hasil uji T postes kedua kelompok yang dilakukan oleh peneliti, diperoleh thitung < ttabel yaitu 13.561 < 1729. Hasil tersebut menunjukan bahwa hipotesis dalam penellitian Ho ditolak dan H1 diterima yang artinya terdapat pegaruh lagu kebangsaan terhadap peningkatan pengetahuan siswa yang signifikan dalam pelajaraan PKn sebelum dan sesudah perlakuan(treatmen) berbeda juga dibuktikan dengan nilai persentase peningkatan Pengetahuan siswa kelompok eksperimen

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs.Tawil, M.Pd, Kons (0008015701) dan Rasidi, M.Pd (0620098801)
Uncontrolled Keywords: Lagu Kebangsaan dan Pengetahuan Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 25 Jul 2019 01:26
Last Modified: 25 Jul 2019 01:26
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/395

Actions (login required)

View Item View Item