PENGARUH METODE SURVEY QUESTION READ RECITE REVIEW TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN (Penelitian pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Integratif Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2016/2017)

Hanif, Irna Annisa’ (2017) PENGARUH METODE SURVEY QUESTION READ RECITE REVIEW TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN (Penelitian pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Integratif Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2016/2017). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0305.0059 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (650kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0059 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0059 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0059 _ FULLTETX.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode SQ3R terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Muhammadiyah Integratif Dukun tahun ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi eksperiment dengan desain nonequivalent control group design. Variabel dalam penelitian ini adalah metode SQ3R (X) dan kemampuan membaca pemahaman (Y). Kelompok eksperimen yaitu siswa kelas IV A dan kelompok kontrol yaitu siswa kelas IV B SD Muhammadiyah Integratif Dukun dengan jumlah masing-masing tiap kelasnya 20 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian berupa observasi dan tes. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan rumus t-test yang didahului uji homogenitas varians. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode SQ3R berpengaruh secara positif terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SD Muhammadiyah Integratif Dukun. Hal tersebut dibuktikan dari hasil t-test dengan taraf signifikansi 5% (derajat kepercayaan 95%) diperoleh nilai t hitung 4.659 > t tabel 2.093. Nilai t hitung > t tabel menunjukkan bahwa kemampuan membaca pemahaman kedua kelompok berbeda secara signifikan. Berdasarkan nilai t hitung tersebut, dapat disimpulkan bahwa pengaruh metode SQ3R lebih efektif dibandingkan dengan metode konvensional.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Tawil, M.Pd., Kons (0008015701) dan Tabah Subekti, M.Pd (0601118402)
Uncontrolled Keywords: Metode SQ3R, Membaca Pemahaman.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 25 Jul 2019 01:21
Last Modified: 25 Jul 2019 01:21
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/394

Actions (login required)

View Item View Item