PENGUATAN RELIGIUSITAS SISWA MELALUI KEGIATAN FORUM KEROHANIAN ISLAM (FORISMA) DI SMAN 3 MAGELANG

Aprida, Eriska Dwi (2023) PENGUATAN RELIGIUSITAS SISWA MELALUI KEGIATAN FORUM KEROHANIAN ISLAM (FORISMA) DI SMAN 3 MAGELANG. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
19.0401.0037_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (956kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
19.0401.0037_COVER_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (836kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
19.0401.0037_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
19.0401.0037_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
19.0401.0037_COVER_UNGGAH REPOSITORY.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat religiusitas siswa di SMA N 3 Magelang yang mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh ekstrakurikuler Forum Kerohanian Islam (Forisma). Selain itu juga bertujuan mengetahui dampak instructional effect dan nurturant effect dari pelaksanaan kegiatan keagamaan. Peneliti bertujuan untuk mendeskripsikan program-program yang diberikan kepada siswa dalam rangka penguatan religiusitas siswa di SMA Negeri 3 Magelang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data, penulis melakukan dengan cara mengumpulkan seluruh data, mereduksi data, menyajikan data dan verifikasi data. Hasil penelitian yang penulis lakukan, penguatan religiusitas pada siswa melalui kegiatan Forum Kerohanian Islam di SMA Negeri 3 Magelang yaitu: (1) pelaksanaan kegiatan Forum Kerohanian Islam sudah terlaksana dengan baik, ada proses perencanaan kegiatan, pelaksanaan kegiatan serta evaluasi kegiatan yang dilakukan. Dengan adanya ekstrakurikuler Forisma di SMA Negeri 3 Magelang, maka penguatan religiusitas siswa lebih terjaga. Lima aspek dimensi religiusitas menurut Glock and Stark untuk penguatan religiusitas sudah diimplementasikan dalam kegiatan Forisma yang sudah sesuai dengan dimensi-dimensi yang ada. (2) dampak instructional effect dan nurturant effect yang dirasakan siswa sangat banyak dan siswa senang setelah mengikuti rangkaian kegiatan Forum Kerohanian Islam.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Imam Mawardi, M.Ag (NIDN 0606017303) dan Subur, M.S.I (NIDN 0617088601)
Uncontrolled Keywords: Religiusitas, ekstrakulikuler, instructional effect dan nurturant effect
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 15 Aug 2023 03:36
Last Modified: 15 Aug 2023 03:36
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/3898

Actions (login required)

View Item View Item