Riyanto, Dodi (2023) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK PUSAT KEUNGGULAN CITRA MEDIKA KOTA MAGELANG. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
19.0401.0024_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (770kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
19.0401.0024_COVER_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (207kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
19.0401.0024_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
19.0401.0024_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
19.0401.0024_COVER_UNGGAH REPOSITORY.pdf - Published Version Download (178kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK PK Citra Medika Kota Magelang dengan rumusan masalah: (1) Bagaimana implementasi Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Pusat Keunggulan Citra Medika Kota Magelang. (2) Apa faktor pendukung dan penghambat implementasi Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Pusat Keunggulan Citra Medika Kota Magelang. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui bagaimana implementasi Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Pusat Keunggulan Citra Medika Kota Magelang. (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Pusat Keunggulan Citra Medika Kota Magelang. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian lapangan (field research). Namun, jika dilihat dari sifat penelitian, maka penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui (1) Observasi, (2) Wawancara, dan (3) Dokumentasi. Selanjutnya analisis data dilakukan dengan (1) Reduksi data, (2) Penyajian data, dan (3) Kesimpulan. Teknik keabsahan data dengan menggunakan uji credibility, transferability, dependability, dan konfirmability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam pembelajaran PAI telah sesuai dengan kaidah-kaidah pelaksanaan Kurikulum Merdeka. Dalam pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMK PK Citra Medika mengandung nilai-nilai Pendidikan Agama Islam (PAI) yang dapat menjadi sarana optimal dalam mendorong peserta didik menjadi pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Hal tersebut menggambarkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran PAI sudah berjalan dengan baik. (2) Faktor pendukung dalam menunjang keberhasilan pembelajaran PAI yaitu adanya program ekstrakurikuler Rohis. Dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka ada kendala yang dihadapi guru PAI yaitu kurangnya ketersediaan sarana prasarana yang mendukung proses pembelajaran PAI sesuai prosedur yang ada dalam Kurikulum Merdeka.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. M. Tohirin, S.Ag., M.Ag. (NIDN 0630127101) dan Akhmad Baihaqi, M.Pd.I (NIDN 0624048601) |
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum merdeka dan pendidikan agama islam |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Rizki Shofak Isnaini |
Date Deposited: | 15 Aug 2023 03:19 |
Last Modified: | 15 Aug 2023 03:19 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/3896 |
Actions (login required)
View Item |