ANALISIS NILAI-NILAI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM FILM ANIMASI NUSSA DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Choirunissa, Novia Farizka (2023) ANALISIS NILAI-NILAI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM FILM ANIMASI NUSSA DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
19.0401.0002_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.PDF - Published Version

Download (639kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
19.0401.0002_COVER_BAB IV.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (592kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
19.0401.0002_COVER_LAMPIRAN.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
19.0401.0002_FULLTEXT.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
19.0401.0002_COVER_UNGGAH REPOSITORY.PDF - Published Version

Download (216kB) | Preview

Abstract

Penelitian dengan judul ”Analisis Nilai-Nilai Profil pelajar Pancasila dalam Film Animasi Nussa dan Relevansinya Dengan Pendidikan Agama Islam” dilatar belakangi oleh adanya kemajuan perkembangan teknologi digital dalam dunia pendidikan pada saat ini akan tetapi apabila penggunaan teknologi yang tidak diimbangi dengan penguatan pendidikan karakter maka dapat menimbulkan terjadinya krisis nilai moral dan krisis nilai karakter peserta didik. Dalam hal ini Kebijakan Pemerintah Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024 yaitu Profil Pelajar Pancasila, Kemendikbud melalui Pusat Penguatan Karakter terus berupaya untuk mencetak penerus bangsa yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila. Di era modern ini, pendidikan karakter dapat di peroleh dari mana saja, salah satunya melalui media pembelajaran berupa film animasi. Film animasi tidak hanya untuk hiburan bagi anak-anak tetapi juga bisa digunakan sebagai strategi dalam usaha mewujudkan profil pelajar Pancasila. Salah satu film animasi yang mengandung banyak pendidikan karakter serta pesan moral yang di sampaikan adalah film animasi Nussa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui nilai-nilai profil pelajar pancasil yang terdapat dalam film animasi Nussa (2) mengetahui relevansi nilai-nilai profil pelajar pancasila dalam film animasi Nussa dengan Pendidikan Agama Islam. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan pendekatan penelitian analisis kontent/analisis isi. Analisis isi diartikan sebagai suatu teknik penelitian ilmiah bertujuan untuk menjelaskan suatu masalah melalui gambaran karakteristik isi dalam media komunikasi, kemudian menarik kesimpulan isi dilakukan secara objektif yang hasilnya dapat digeneralisasikan Langkah-langkah yang dilakukan penulis dalam mengolah data adalah Langkah Deskripsi, yaitu proses menguraikan cuplikan-cuplikan adegan yang ada dalam film animasi Nussa yang berhubungan dengan nilai-nilai profil pelajar Pancasila. Langkah Interpretasi, yaitu proses menjelaskan cuplikan-cuplikan yang ada dalam film animasi Nussa yang memiliki korelasi dengan nilai-nilai profil pelajar Pancasila dan relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam serta pemanfaatan film animasi Nussa dengan pembelajaran Pendidikan Agama Islam khususnya kelas rendah I-III. Hasil Penelitian menunjukan adanya nilai-nilai profil pelajar Pancasila baik itu Beriman dan Bertakwa Kepada Tuhan YME dan Berakhlak Mulia, Mandiri, Bernalar Kritis, Gotong Royong dan Kreatif. film animasi Nussa ini juga memiliki relevansi dengan Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Khususnya Fase A dan B Sekolah Dasar dengan beberapa Sub Bab yang di sesuaikan dengan tujuan dan panduan pembelajaran.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Imam Mawardi, M.Ag. (NIDN 0606017303) dan Subur, S.Pd.I, M.S.I. (NIDN 0617088601)
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai Profil pelajar Pancasil, Film Animasi Nussa, Pendidikan Agama Islam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 15 Aug 2023 03:14
Last Modified: 15 Aug 2023 03:14
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/3894

Actions (login required)

View Item View Item