IMPLEMENTASI MEDIA TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MI MUHAMMADIYAH BLONDO MAGELANG

Mauludin, Hafidz (2023) IMPLEMENTASI MEDIA TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MI MUHAMMADIYAH BLONDO MAGELANG. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
18.0401.0069_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (498kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
18.0401.0069_COVER_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (685kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
18.0401.0069_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
18.0401.0069_FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
18.0401.0069_COVER_UNGGAH_REPOSITORY.pdf - Published Version

Download (99kB) | Preview

Abstract

Implementasi media pembelajaran berbasis teknologi informasi sangat berperan penting dalam peningkatan motivasi belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Media pembelajaran dalam pendidikan merupakan bentuk kontribusi yang tidak dapat dipisahkan, hal ini disebabkan karena media pembelajaran khususnya media berbasis teknologi informasi dapat membantu proses belajar peserta didik agar bahan ajar yang disajikan lebih menarik. Dengan menerapkan TI (Teknologi Informasi) sebagai salah satu bentuk media pembelajaran mampu meningkatkan gairah serta dorongan bagi peserta didik, dalam hal ini bisa dikatakan sebagai motivasi belajar. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendiskripsikan bagaimana implementasi teknologi informasi dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran PAI. (2) mendiskripsikan bagaimana bentuk motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di MI Muhammadiyah Blondo. (3) mendiskripsikan faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat implementasi teknologi informasi dalam meningkatan motivasi belajar peserta didik di MI Muhammadiyah Blondo. Teknik pengumpulan data menggunakan (1) observasi (2) wawancara (3) dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) implementasi teknologi informasi dalam proses belajar mengajar pada mata pelajaran PAI adalah: (a) penayangan video pembelajaran melalui YouTube dengan metode Video Based Learning. (b) menggunakan Microsoft Power Point. (c). menggunakan WhatsApp. (d) menggunakan LCD Proyektor dan Laptop. (2) bentuk motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di MI Muhammadiyah Blondo adalah: (a) bertambahnya antusias siswa. (b) bertambahnya tingkat pemahaman siswa. (3) faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi teknologi informasi dalam meningkatan motivasi belajar peserta didik mata pelajaran PAI di MI Muhammadiyah Blondo. (a) faktor pendukung diantaranya: 1) guru aktif dalam megikuti komunitas. 2) lingkungan sekolah yang aman. (b) faktor penghambat 1) fasilitas penunjang pembelajaran teknologi informasi kurang memadai. 2) guru belum sertifikasi.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Istania Widayati H, M.Pd.I (NIDN 0601118602) dan Drs. Mujahidun, M.Pd. (NIDN 0604066702)
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar, pendidikan agama islam dan teknologi informasi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 15 Aug 2023 03:13
Last Modified: 15 Aug 2023 03:13
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/3893

Actions (login required)

View Item View Item