KONSEP ACTIVE LEARNING PADA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI ANALISIS BUKU TEACH LIKE FINLAND KARYA TIMOTHY D WALKER)

Imanika, Nida (2023) KONSEP ACTIVE LEARNING PADA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI ANALISIS BUKU TEACH LIKE FINLAND KARYA TIMOTHY D WALKER). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
18.0401.0053_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (332kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
18.0401.0053_COVER_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (395kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
18.0401.0053_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
18.0401.0053_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
18.0401.0053_COVER_UNGGAH REPOSITORY.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview

Abstract

Metode dan strategi pembelajaran sangat menentukan dalam tercapai tujuan pembelajaran. Kurangnya pengetahuan guru Pendidikan Agama Islam mengenai metode dan strategi pembelajaran yang beragam membuat pembelajaran Pendidikan Agama Islam membosankan dan tidak menyenangkan. Sehingga untuk dapat mencapai tujuan pendidikan yang sesuai dengan harapan, diperlukan guru yang menguasai metode dan sratategi pembelajaran salah satunya yaitu active learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep-konsep active learning dalam buku Teach Like Finand karya Timothy D Walker dan untuk mengetahui implementasinya dalam pendidikan agama Islam di Indonesia. Jenis penelitian ini adalah studi kepustakaan (library research), dimana peneliti menggunakan metode analisis isi (content analysis) dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1.) Terdapat empat konsep active learning dalam buku Teach Like Finland karya Timothy D Walker yaitu: a. Belajar sambil bergerak, b. Masuk ke alam liar, c. Buat jadi nyata, d. Memasukkan musik. 2.) Dalam pendidikan agama Islam konsep-konsep tersebut dapat diimplementasikan sebagai berikut: a. Belajar sambil bergerak, dalam pembelajaran agama Islam belajar sambil bergerak, dapat digunakan pada materi-materi yang bersifat informatif yaitu berupa konsep-konsep dan prinsip dasar yang perlu difahami peserta didik secara pasti b. Masuk ke alam liar, dalam pembelajaran agama Islam masuk ke alam liar dapat digunakan untuk materi yang berkaitan dengan akidah akhlaq yang berhubungan dengan mengagungkan kebesaran Allah swt c. Buat jadi nyata, dalam pembelajaran agama Islam buat jadi nyata dapat digunakan untuk materi yang berhubungan dengan ibadah praktik seperti praktik wudhu, shalat dan praktik pengurusan jenazah d. Memasukkan musik, dalam pembelajaran agama Islam metode memasukkan musik dapat digunakan pada materi-materi yang memiliki banyak hafalan seperti nama-nama nabi, kosa kata bahasa Arab, dan lain-lain. Konsep-konsep active learning dalam buku Teach Like Finland karya Timothy D Walker relevan atau berhubungan dengan metode dan strategi pembelajaran pendidikan agama Islam yang ada di Indonesia. Konsep-konsep tersebut dapat dikembangkan dalam praktek pendidikan dan proses belajar mengajar di Indonesia.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: M. Tohirin, M.Ag. (NIDN 0630127101) dan Afga Siddiq Rifai, M.Pd.I. (NIDN 0609088901)
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran dan strategi pembelajaran
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 15 Aug 2023 03:11
Last Modified: 15 Aug 2023 03:11
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/3891

Actions (login required)

View Item View Item