Merdiani, Dewi (2023) PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi kasus di Dusun Montong Krajan Desa Montongsari Kecamatan Weleri Kabupaten Kendal). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
18.0401.0049_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (769kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
18.0401.0049_COVER_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (563kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
18.0401.0049_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (866kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
18.0401.0049_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
18.0401.0049_COVER_UNGGAH REPOSITORY.pdf - Published Version Download (120kB) | Preview |
Abstract
Orang tua selama ini lebih mengedepankan kecerdasan intelektual anak saja dan masih kurang dalam memahami kecerdasan emosional. Pentingnya kecerdasan emosional menjadi perhatian khusus bagi orang tua. Adanya perilaku anak seperti kurang nya sopan santun kepada orang lain, gaya komunikasi yang kurang baik, selalu menutup diri di dalam rumah, kurang nya percaya diri serta motivasi anak yang rendah disebabkan karena kurangnya berbagai upaya peran yang dilakukan oleh orang tua. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kondisi kecerdasan emosional anak SMP di Dusun Montong Krajan, bagaimana peran orang tua dalam meningkatkan kecerdasan emosional anak dan aspek apa saja yang dilakukan orang tua dalam meningkatkan kecerdasan emosional anak serta untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat orang tua dalam meningkatkan kecerdasan emosional anak. Jenis penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kualitatif, dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Kondisi kecerdasan emosional yang dimiliki anak SMP di Dusun Montong Krajan yaitu masih banyak anak yang memiliki rendahnya kecerdasan emosional. (2) Untuk peran orang tua dalam meningkatkan kecerdasan emosional anak yaitu dengan memotivasi anak, mendampingi anak saat belajar, menjadi teladan yang baik, menanamkan kedisiplinan anak, serta memberikan tempat untuk anak mengungkapkan perasaanya. (3) Aspek-aspek yang dilakukan orang tua dalam meningkatkan kecerdasan emosional yaitu memotivasi anak, menanamkan rasa emopati kepada anak, dan menanamkan ketrampilan sosial untuk anak. (4) Faktor pendukung dalam meningkatkan kecerdasan emosional ini ialah adanya kerjasama orang tua, pembiasaan baik yang dilakukan dalam sehari-hari seperti sholat jamaah dimasjid. Sedangkan untuk faktor penghambatnya ialah yang sangat berpengaruh yaitu anak yang belum bisa memanfaatkan handphone dengan baik seperti lupa waktu, dan emosi tidak terkontrol dengan baik, pengaruh lingkungan serta anak yang suka membantah apa yang diperintah orang tua. Kemudian dapat ditarik kesimpulan bahwa peran orang tua sangat penting untuk meningkatkan kecerdasan emosional anak dikarenakan masih adanya anak yang kurang dalam kecerdasan emosional.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. M. Tohirin, M. Ag. (NIDN 0630127101) dan Subur, M.S.I. (NIDN 0617088601) |
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan emosional dan Pendidikan |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Rizki Shofak Isnaini |
Date Deposited: | 15 Aug 2023 03:10 |
Last Modified: | 15 Aug 2023 03:10 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/3890 |
Actions (login required)
View Item |