PENGARUH ACTIVE LEARNING BERBASIS STRATEGI INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian pada Siswa Kelas IV SD Negeri Bojong 1 Mungkid Kab. Magelang)

Sari, Devi Nur Indah (2017) PENGARUH ACTIVE LEARNING BERBASIS STRATEGI INDEX CARD MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian pada Siswa Kelas IV SD Negeri Bojong 1 Mungkid Kab. Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0305.0039 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (489kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0039 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (266kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0039 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0039 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh active learning berbasis strategi index card match terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SD Negeri Bojong 1 Mungkid. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental Design) dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design yang menggunakan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV dari SD Negeri Bojong 1 Mungkid.Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sampling jenuh. Sampel dari penelitian ini berjumlah 40 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan menggunakan tes hasil belajar. Pengaruh active learning berbasis index card match terhadap hasil belajar siswa di hitung menggunakan one way anova dengan bantuan program SPSS 16.0 for Windows. Berdasarkan pengujian didapatkan nilai sebesar 9,916 dengan sebesar 4,08 dan nilai signifikan sebesar 0,003 ( signifikan < 0,05) yang berarti ada perbedaan yang signifikan antara nilai post-test kelompok kontrol dan post-test kelompok eksperimen. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran active learning berbasis index card match berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Arie Supriyatna, M.Si, (0012045601) dan Septiyati Purwandari,M.Pd, (0601098303)
Uncontrolled Keywords: Active Learning Berbasis Strategi Index Card Match, Hasil Belalajar Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Sulistya KIM
Date Deposited: 22 Jul 2019 04:07
Last Modified: 22 Jul 2019 04:07
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/389

Actions (login required)

View Item View Item