EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA SD MUHAMMADIYAH TAMANAGUNG MAGELANG

Haris, Akmal Syakdan (2023) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA SD MUHAMMADIYAH TAMANAGUNG MAGELANG. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
18.0401.0031_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (721kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
18.0401.0031_COVER_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (260kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
18.0401.0031_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
18.0401.0031_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
18.0401.0031_COVER_PERNYATAAN REPOSITORI.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) membandingkan hasil belajar siswa yang menggunakan dan tidak menggunakan metode jigsaw, dan (2) mengetahui perbedaan antara minat belajar siswa yang menggunakan metode jigsaw dengan yang menggunakan metode ceramah. Rancangan penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Sampelnya adalah kelas eksperimen IV A berjumlah 31 peserta didik dan kelas kontrol IV B berjumlah 31 peserta didik. Untuk mengetahui minat belajar menggunakan data pre test dan post test. Data respon peserta didik didapatkan melalui pre test dan post test. Hasil analisis data nilai peserta didik didapatkan nilai rata-rata pre test kelas eksperimen sebesar 65,97 dan nilai rata-rata post test sebesar 90,97. Sedangkan nilai rata-rata pre test kelas kontrol sebesar 61,13 dan nilai rata-rata post test sebesar 74,19. Hasil sinifikasi diperoleh sig hitung = 8,938>a = 0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil nilai pretest dan posttest. Berdasarkan hasil yang diperoleh disimpulkan bahwa model cooperative learning tipe jigsaw efektif terhadap minat belajar siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Mujahidun, M.Pd (NIDN 0604066702) dan Istania Widayati Hidayati, M.Pd.I (NIDN 0601118602)
Uncontrolled Keywords: Metode Cooperative Learning, Model Jigsaw, dan Minat Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 15 Aug 2023 02:58
Last Modified: 15 Aug 2023 02:58
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/3888

Actions (login required)

View Item View Item