Nabila, Tasya Shafa (2023) METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK TUNARUNGU DI SLB MA’ARIF MUNTILAN. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
18.0401.0017_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (369kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
18.0401.0017_COVER_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (507kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
18.0401.0017_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
18.0401.0017_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
18.0401.0017_COVER_UNGGAH REPOSITORY.pdf - Published Version Download (199kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui metode pembelajaran PAI pada siswa tunarungu di SLB Ma’arif Muntilan, (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat PAI pada anak tunarungu di SLB Ma’arif Muntilan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode kualitatif dalam bentuk deskriptif. Hasil penelitian ini dilakukan dengan cara mendeskripsikan kejadian-kejadian pada kegiatan pembelajaran PAI di SLB Ma’arif Muntilan, pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan wawancara terstruktur, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dimulai dengan menganalisis data sebelum terjun ke lapangan, setelah itu menganalisis data selama berada di lapanan dengan tahapan: (1) meredukasi data dengan mencatat atau merekam data yang didapat selama di lapangan, (2) menyajikan data dengan uraian deskriptif dan teks naratif, (3) menyimpulkan data dengan mengolah data yang didapat dan menarik kesimpulan secara garis besar. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode pembelajaran yang digunakan pada pembelajaran PAI di SLB Ma’arif Muntilan yaitu menggunakan metode ABA (Applied, Behaviour, and Analysis), metode demonstrasi, dan metode BISINDO (Bahasa Isyarat Indonesia). Terdapat pula faktor pendukung belajar siswa tunarungu yaitu: (1) guru pendidikan agama Islam yang profesional di bidangnya, (2) mendapat dukungan dari masyarakat, (3) media pembelajaran yang mewadai. Sedangkan faktor penghambat belajar siswa tunarungu yaitu: (1) kurangnya guru PAI di SLB Ma’arif, (2) media pembelajaran yang jumlahnya minim, (3) tidak ada terapis khusus dan kurangnya guru khusus PLB di SLB Ma’arif Muntilan.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Mujahidun, M.Pd (NIDN 0604066702) dan Istania Widayati, M.Pd.I (NIDN 0601118602) |
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan dan Metode Pembelajaran |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Rizki Shofak Isnaini |
Date Deposited: | 15 Aug 2023 02:57 |
Last Modified: | 15 Aug 2023 02:57 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/3885 |
Actions (login required)
View Item |