Islamiati, Amalina Dina (2023) PERAN GURU AL-QUR’AN HADIST DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR AL-QUR’AN HADIST SISWA MI MUHAMMADIYAH KAWERON MUNTILAN. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
18.0401.0008_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (436kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
18.0401.0008_COVER_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (407kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
18.0401.0008_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
18.0401.0008_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
18.0401.0008_COVER_PERNYATAAN REPOSITORI.pdf - Published Version Download (353kB) | Preview |
Abstract
Peran guru merupakan tokoh yang yang berfungsi untuk mendidik, membimbing dan mengajar yang bertujuan untuk memberikan ilmu yang diperoleh guru untuk mentransfer ilmu nya kepada siswa-siswi nya. Dengan begitu tujuan penelitian ini adalah untuk 1. Mengetahuai peran guru Al-Qur’an Hadist dalam meningkatkan minat belajar Al-Qur’an Hadist MI Muhammadiyah Kaweron Muntilan, 2. Untuk mengetahui minat belajar siswa dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadist MI Muhammadiyah Kaweron Muntilan, 3. Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambar minat belajar siswa MI Muhammadiyah Kaweron Muntilan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriftif. Adapun sumber data penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer Guru Al-Qur’an Hadist dan juga Siswa MI Muhammadiyah Kaweron Muntilan. Adapun data sekunder dari buku, artikel, Al-Qur’an, serta penelusuran referensi yang ada relevansinya dengan penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasidan. Teknik pengolahan dan analisis data dilakukan dengan melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Informan dalam penelitian ini berjumlah 21 orang yang terdiri atas kepala sekolah, 2 guru PAI, 3 guru kelas dan 15 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) peran guru Al-Qur’an Hadist dalam meningkatkan minat belajar Al-Qur’an Hadist siswa MI Muhammadiyah Kaweron Muntilan meliputi beberapa hal diataranya: guru Al-Qur’an Hadist sebagai pengajar, pembimbing, pemimpin dan penghubung. (2) Cara meningkatkan minat belajar guru Al-Qur’an Hadist dengan cara melihat faktor dari dalam dan luar diri siswa. (3) faktor pendukung dan penghambat minat belajar siswa MI Muhammadiyah Kaweron Muntilan, faktor pendukung nya terdiri 5 faktor pendukung diantaranya: faktor jasmani, faktor psikologis, intlegensi siswa, bakat siswa dan motivasi belajar. Faktor penghambatnya terdiri 4 faktor penghambat minat belajar siswa diataranya faktor kelelahan, suasana rumah, keadaan sosial ekonomi dan tugas rumah. (4) solusi untuk mengatasi hambatan tersebut adalah dengan memberikan fasilitas yang baik dalam pembelajaran dengan media yang dapat menarik siswa dalam belajar, serta adanya kontribusi antara orang tua dan guru agar dapat memantau anak sesuai dengan keinginan.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Muis Sad Iman, M.Ag (NIDN 0611017101) dan Akhmad Baihaqi, M.Pd.I (NIDN 0624048601) |
Uncontrolled Keywords: | Minat belajar dan Peran guru |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Rizki Shofak Isnaini |
Date Deposited: | 15 Aug 2023 02:57 |
Last Modified: | 15 Aug 2023 02:57 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/3884 |
Actions (login required)
View Item |