PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA JAWA MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PAPAN AKSARA DI KELAS V MI MUHAMMADIYAH PAREMONO

Ulinuha, Maulana (2023) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA JAWA MENGGUNAKAN ALAT PERAGA PAPAN AKSARA DI KELAS V MI MUHAMMADIYAH PAREMONO. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
18.0405.0016_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (687kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
18.0405.0016_COVER_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (806kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
18.0405.0016_COVER_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
18.0405.0016_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
18.0405.0016_COVER_UNGGAH NON REPOSITORY.pdf - Published Version

Download (122kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran bahasa Jawa di sekolah tidak hanya diajarkan untuk melestarikan kebudayaan daerah semata, tetapi juga menjadikan anak menjadi kreatif dalam mengekspresikan ketrampilan-ketrampilan dalam diri peserta didik. Adapun faktor penyebab masalah yang terjadi adalah nilai Bahasa Jawa yang dicapai saat penilaian harian bersama tengah semester ganjil tahun 2021 kelas V MI Muhammadiyah Paremono tergolong rendah. Nilai rata-rata untuk mata pelajaran Bahasa jawa 64 dari 22 siswa dengan KKM 75, sedangkan siswa yang tuntas berjumlah 7 siswa dan siswa yang tidak tuntas berjumlah 15 siswa. Oleh karena itu perlu adanya usaha meningkatkan hasil belajar bahasa jawa salah satunya peneliti menciptakan alat peraga papan aksara jawa. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui pembelajaran bahasa jawa menggunakan papan aksara jawa materi tentang menulis aksara jawa dan mengetahui penggunaan papan aksara jawa bisa meningkatan hasil belajar bahasa jawa siswa MI Muhamadiyah Paremono. Metode pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes tertulis. Peneliti menggunakan teknik analisis statistik deskriptif kuantitatif yang dimulai dari menghimpun data, menyusun atau mengukur data, mengolah data, menyajikan dan menganalisa data angka. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini pembelajaran menggunakan alat peraga papan aksara jawa di kelas V MI Muhammadiyah Paremono sangat menarik. Terbukti dari minat belajar yang bisa dilihat dari keaktifan siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran bahasa jawa yang diberikan oleh guru menggunakan alat peraga papan aksara jawa serta dapat meningkatkan keterampilan membaca dan menulis aksara jawa sehingga hasil belajar peserta didik juga meningkat. Hal ini ditunjukkan hasil evaluasi peserta didik pada pra siklus memperoleh rata- rata 66,6, dengan presentase ketuntasan 13,6%. siklus I memperoleh rata-rata 79,00 dengan persentase ketuntasan belajar 77,2%, pada siklus II memperoleh rata-rata 88,00 dengan persentase ketuntasan belajar 100%. Berdasarkan hasil yang sudah diperoleh dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga papan aksara jawa dapat meningkatkan hasil belajar bahasa jawa khususnya menulis aksara jawa dan sandanganya di kelas V MI Muhammdiyah Paremono.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Ahwy Oktradiksa, M.Pd.I (NIDN 0602108502) dan Norma Dewi Shalikhah, M.Pd.I (NIDN 0617099101)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran bahasa jawa, Aksara jawa, dan hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 15 Aug 2023 02:55
Last Modified: 15 Aug 2023 02:55
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/3878

Actions (login required)

View Item View Item