Panrois, Panrois (2023) MANAJEMEN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENGEMBANGKAN MUTU GURU STUDI SMA MUHAMMADIYAH 1 MUNTILAN KABUPATEN MAGELANG. Masters thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Tesis)
20.0406.0001_BAB I, BAB II, BAB III, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (607kB) | Preview |
|
PDF (Tesis)
20.0406.0001_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (294kB) | Request a copy |
||
PDF (Tesis)
20.0406.0001_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
PDF (Tesis)
20.0406.0001_FULLTEKS.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Tesis)
20.0406.0001_PERNYATAAN UNGGAH REPOSITORY.pdf - Published Version Download (270kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini mengkaji manajemen kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan mutu guru. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui manajemen kepemimpinan kepala sekoalah dalam mengembangkan mutu guru di SMA Muhammadiyah 1 Muntilan Kabupaten Magelang; (2) Untuk mengetahui Mutu Guru SMA Muhammadiyah 1 Muntilan; dan (3) Untuk mengetahui problematika dan solusi penyelesaian kendala-kendala dalam mengembangkan mutu guru di SMA Muhammadiyah 1 Muntilan. Penelitian menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 1 Muntilan Kabupaten Magelang. Sumber data penelitian ini adalah penelitian kepala sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara. Analisis data penelitian ini menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Gaya kepemimpinan kepala sekolah untuk mengembangkan mutu guru yaitu dengan menerapkan gaya kepemimpinan demokratis, meskipun juga didampingi gaya kepemimpinan yang lain.Hal ini ditunjukkan dengan sikap kepala sekolah bersifat tegas, komitmen, sangat terbuka, menerima saran dan kritik, serta mengajak para stafnya berperan aktif untuk memberi masukan dan ide-ide dalam suatu program kerja, sebelum kepala sekolah mengambil keputusan. Kepala sekolah mengutamakan musyawarah setiap ada permasalahan. Dalam kesehariannya kepala sekolah lebih menunjuukkan kepemimpinan Pendidikan islam sekaligus menanamkan spiritualitas tempat kerja; (2) Guru memiliki mutu yang baik. Hal ini ditandai dengan mayoritas guru memiliki komitmen, disiplin dan tanggung jawab yang tinggi. Disamping itu juga rata-rata guru sangat kompetitif dalam meningkatkan kompetensi, baikmelalui studi lanjut S2 dan S3 maupun Pendidikan dan pelatihan; dan (3) Kepala sekolah memiliki strategi tersendiri dalam mengatasi kendala peningkatan mutu guru, yaitu dengan cara Pendidikan dan pelatihan.
Item Type: | Karya Ilmiah (Masters) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Imron, S.Ag., MA. (NIDN 0618077302) dan Dr. Imam Mawardi, M.Ag (NIDN 0606017303) |
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Kepemimpinan, Mengembangkan, Guru |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Rizki Shofak Isnaini |
Date Deposited: | 15 Aug 2023 02:37 |
Last Modified: | 15 Aug 2023 02:37 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/3875 |
Actions (login required)
View Item |