IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN BUDAYA KERJA (P5BK) SMK-PK DI KABUPATEN WONOSOBO

Harnowo, Harnowo (2023) IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN BUDAYA KERJA (P5BK) SMK-PK DI KABUPATEN WONOSOBO. Masters thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Tesis)
18.0604.0021_COVER_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (327kB) | Preview
[img] PDF (Tesis)
18.0604.0021_COVER_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy
[img] PDF (Tesis)
18.0604.0021_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (29kB) | Request a copy
[img] PDF (Tesis)
18.0604.0021_FULLTEX.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Tesis)
18.0604.0021_UNGGAH REPOSITORY.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis: (1) bagaimana manajemen perencanaan implementasi projek penguatan pelajar pancasila dan budaya kerja pada Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan di Kabupaten Wonosobo; (2) bagaimana pelaksanaan implementasi projek penguatan pelajar pancasila dan budaya kerja pada Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan di Kabupaten Wonosobo; (3) mengetahui problematika dan dan cara menyelesaikanya dalam pelaksanaan implementasi projek penguatan pelajar pancasila dan budaya kerja pada Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan di Kabupaten Wonosobo. Penelitian ini dikategorikan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan metode studi kasus. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerpan implementasi projek penguatan pelajar pancasila dan budaya kerja pada Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan di kabupaten Wonosobo yang di implementasikan di SMK Muhammadiyah dan SMK negeri 1 Wadaslintang, dilaksanakan dengan tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa implementasi projek penguatan pelajar pancasila dan budaya kerja di SMK Muhammadiyah 1 Wonosobo dilaksanakan berdasarkan kebutuhan ekosistem sekolah, sehingga satuan Pendidikan memodifikasi tema yang dikembangkan dengan berkolaborasi dengan TNI dan Polri hal ini sesuai dengan tema yang dikembangkan yaitu ketarunaan. Pelaksanaan implementasi tema ketarunaan dilaksanakan selama satu tahun sesuai dengan hasil sinkronisasi pihak terkait. Sedangkan implementasi projek penguatan pelajar pancasila dan budaya kerja di SMK Negeri 1 Wadaslintang dilaksanakan sesuai dengan pedoman yang di terbitkan pemerintah. Penerapan tema yang di implementasikan di satuan Pendidikan berdasarkan panduan dari pemerintah dengan tema kewirausahaan, dimana dalam satu tahun satuan Pendidikan bisa menyelesaikan tiga tema sekaligus. Untuk kendala yang dihadapi di satuan Pendidikan diantaranya kurangnya peran aktif peserta didik, kurangnya koordinasi antar unit, sarana prasarana yang tidak memadai dan dukungan dana. Kendala tersebut dapat di selesaikan di masing-masing satuan Pendidikan dengan Kerjasama yang baik antar unit dan pihak terkait

Item Type: Karya Ilmiah (Masters)
Pembimbing: Dr. Imron, S.Ag., MA. (NIDN 0618077302) dan , Dr. Imam Mawardi, M.Ag (NIDN 0606017303)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Projek Penguatan Pelajar Pancasila Dan Budaya Kerja, Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 15 Aug 2023 02:37
Last Modified: 15 Aug 2023 02:37
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/3874

Actions (login required)

View Item View Item