PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR PKN (Penelitian Pada Siswa Kelas V SDN Wanurejo Borobudur Magelang)

Irawan, Yuana Ria (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR PKN (Penelitian Pada Siswa Kelas V SDN Wanurejo Borobudur Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
12.0305.0037_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (601kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0037_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0037_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
12.0305.0037_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran TPS (Think, Pair, Share) terhadap hasil belajar Pkn siswa kelas V SD Negeri Wanurejo tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen berbentuk True Experimental Design Type Pre test-Post test Control Group Design dengan satu macam perlakuan yang menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel yang diambil sebanyak 48 siswa, 24 siswa kelas VA yang merupakan kelas eksperimen yaitu kelas yang diberikan perlakuan (menerapkan model pembelajaran TPS) dan 24 siswa kelas VB yang merupakan kelas kontrol yaitu kelas yang tidak diberikan perlakuan. Adapun teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling (sampel keseluruhan). Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes hasil belajar PKn. Teknik analisis data menggunakan uji-t untuk menguji pengaruh penerapan model pembelajaran TPS terhadap hasil belajar PKn. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perhitungan rata-rata nilai post test kelas eksperimen sebesar 83,29 lebih tinggi daripada rata-rata kelas kontrol sebesar 77,37. Hasil analisis data menunjukkan nilai t hitung 3,200 > t tabel 2,013. Artinya ada perbedaan yang signifikan antara hasil post-test kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran TPS dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran. Hal ini dapat dimaknai bahwa pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran TPS memiliki hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran yang tidak menggunakan model pembelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif penerapan model pembelajaran TPS terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SD Negeri Wanurejo Kabupaten Magelang.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Arie Supriyatno, M.Si., (0012045601) dan Ela Minchah L.A, M.Psi.Psi (0606018701)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran TPS (Think, Pair, Share), Hasil belajar PKn.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 22 Jul 2019 04:06
Last Modified: 22 Jul 2019 04:06
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/387

Actions (login required)

View Item View Item