MANAJEMEN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS NILAI-NILAI QUR’ANI DI MI MUHAMMADIYAH SE-KECAMATAN KALIKAJAR WONOSOBO

Mufida, Lailatul (2022) MANAJEMEN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS NILAI-NILAI QUR’ANI DI MI MUHAMMADIYAH SE-KECAMATAN KALIKAJAR WONOSOBO. Masters thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img] PDF (Tesis)
19.0406.0036_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] PDF (Tesis)
19.0406.0036_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (13MB) | Request a copy
[img] PDF (Tesis)
19.0406.0036_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy
[img] PDF (Tesis)
19.0406.0036_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Tesis)
19.0406.0036_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img]
Preview
PDF (Tesis)
19.0406.0036_PERNYATAAN REPOSITORY.pdf - Published Version

Download (405kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa karakter atau moral pada anak semakin hari semakin merosot dan melemah, berbagai kasus tentang tindakan amoral telah banyak dilakukan oleh para generasi muda, dari yang kasus kecil hingga kasus besar yang kadang bisa menyeret anak ke dalam hukum pidana karena tindakan kriminalnya. Dari masalah di atas ternyata peran dari orang tua atau pendidik (guru) memiliki peran dan pengaruh yang sangat besar dalam memberi pendidikan karakter. Orang tua berkewajiban membekali Pendidikan karakter di rumah, dan pendidik/guru membekali anak saat berada di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan nilai-nilai karakter siswa MI Muhammadiayh se-Kecamatan Kalikajar, manajemen penguatan pendidikan karakter serta permasalahan dan solusi dalam penguatan pendidikan karakter berbasis nilai-nilai qur’ani yang ada di MI Muhamamdiyah se-Kecamatan Kalikajar Kabupaten Wonosobo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang memanfaatkan wawancara terbuka untuk menggali informasi yang tidak kuantitatif untuk menentukan deskripsi yang bersifat komprehensif dari data-data yang dikumpulkan. Wawancara dilakukan kepada kepala sekolah/madrasah dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter berbasis nilai-nilai qur’ani sudah diterapkan baik oleh MI Muhammadiyah se-Kecamatan Kalikajar. Model penguatan Pendidikan karakter diimplementasi melalui terintegrasi pada pembelajaran, melalui kegiatan ekstrakurikuler, dan melalui pembiasaan. Terintegrasi pada pembelajaran terlihat pada silabus dan RPP yang ada di MI Muhamamdiyah se-Kecamatan Kalikajar tercantum atau terselip nilai-nilai karakter. Pada kegiatan ekstrakurikuler terlihat pada program-programnya. Sedangkan melalui pembiasaan memerlukan dukungan seluruh warga sekolah/madrasah untuk selalu mengingatkan dan memberi bimbingan dalam berperilaku sehari-hari di lingkungan sekolah. Berdasarkan hasil pengumpulan dan analisis data, peneliti menyimpulkan 1) Nilai-nilai karakter sudah dikembangkan baik oleh MI Muhammadiyah se-Kecamatan Kalikajar, 2) Implementasi penguatan pendidikan karakter dikembangkan melalui terintegrasi dalam pembelajaran, melalui kegiatan ekstrakurikuler, dan pembiasaan, 3) Faktor penghambat dalam penguatan Pendidikan karakter berasal dari diri siswa, orang tua, guru, dan lingkungan.

Item Type: Karya Ilmiah (Masters)
Pembimbing: Dr. Nurodin Usman, Lc, MA. (NIDN 0617027501) dan Dr. Imron, MA. (NIDN 0618077302)
Uncontrolled Keywords: Manajemen penguatan, Pendidikan karakter, nilai-nilai qur’ani
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 27 Sep 2023 04:02
Last Modified: 27 Sep 2023 04:02
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/3869

Actions (login required)

View Item View Item